CIREBON surga kuliner. Berikut beberapa kuliner Cirebon yang mesti dicoba.

1.Tahu Gejrot

Tahu Gejrot

Ini makanan khas Cirebon yang mesti dicoba. Tahu dipotong-potong dengan bumbu bawang merah dan cabe serta siraman kuah dengan citarasa manis, pedas, asin, sedikit asam. Segar! Tahu yang digunakan berbeda dengan daerah lain, teksturnya lebih mampu menyerap air.

2.Nasi Jamblang

Ada satu tempat yang sedang hip, Nasi Jamblang Ibu Nur. Tapi jangan lupa mencoba nasi jamblang Mang Dul di Jalan Dr Cinto Mangunkusumo. Orang Cirebon bilang, itulah nasi jamblang yang paling mendekati keaslian. Nasinya dingin dibungkus daun jamblang, lauknya tinggal memilih, termasuk kerang yang diletakkan dalam wadah daun pisang kecil-kecil.

Nasi Jamblang

3.Empal Gentong

Empal gentong seperti sup hanya saja berkuah santan dengan daging sapi atau pun pilihan jeroan seperti usus, hati, dll. Empal gentong Mang Darma yang terletak di Jl Slamet Riyadi mesti dicoba. Namun, ada juga empal gentong Haji Apud dan Amarta di Jalan Juanda yang sedang tren.

4.Empal Asem

Empal asem juga menjadi salah satu makanan yang patut dicoba. Rasanya asam gurih menyegarkan. Ini bisa menjadi pilihan bagi wisatawan yang tidak terlalu suka makanan bersantan. Penjual empal gentong, biasanya juga menjual empal asem dan sate kambing.

5.Es Duren

Es Duren

Mencari es duren di Cirebon tidaklah sulit. Banyak penjual yang mangkal di keramaian, termasuk beberapa tempat makan. Sirupnya khas, dengan butiran durian dan es puter.

6.Nasi Lengko

Nasi Lengko

Nasi lengko merupakan salah satu makanan khas Cirebon dengan komposisi nasi, potongan tahu, tempe, taoge, dengan siraman kuah kacang dan kecap. Nasi lengko Haji Barno di Jalan Pagongan merupakan tempat makan yang sudah melegenda, berdiri sejak 1968. Tersedia pula teman makan berupa sate kambing.

7.Mi Koclok

Mi Koclok

Citarasanya  khas dan bisa diterima sebagian besar orang. Komposisinya mi, suwiran ayam, taoge, kol dengan siraman kuah berwarna putih kental dari santan.  Cukup banyak penjual mi koclok yang bisa didatangi, salah satunya Mi Koclok Panjunan di Jalan Pekarungan, Panjunan, Cirebon.

8.Bubur Sop

Bubur sop kini tengah ramai di Cirebon. Ada beberapa penjual, salah satunya yang terkenal M Kapi di JalanTentara Pelajar. Porsi yang dihidangkan besar,  dengan citarasa di awal mungkin sedikit tidak biasa karena ada rasa taoco.

9.Docang

Ini dia makanan khas Cirebon yang citarasanya kerap mengundang kontroversi. Sebagian suka, sebagian lagi tidak suka. Komposisi docang (biasanya dijual pagi hari) terdiri dari lontong, daun singkong, taoge, taburan kelapa parut, dan disiram kuah oncom.

10.Tapel

Tapel Cirebon

Kue tapel agak sulit dicari. Dari sedikit penjual, salah satunya mangkal tidak jauh dari toko oleh-oleh Sinta. Bentuknya mirip kue leker, dimasak di atas penggorengan dengan api berasal dari kayu bakar. Adonan diratakan tipis, kemudian diberi pisang yang dihaluskan dan gula merah.