Select Page

Mau ngopi asyik di Bogor, masukkan Rumah Kopi Ranin dalam daftar kunjungan. Suasananya menyenangkan, kopinya enak, dan bisa menambah wawasan tentang kopi dan proses pengolahannya.

IMG_2653

SESUAI dengan nama yang disandang, suasana Rumah Kopi Ranin benar-benar mirip sebuah rumah. Menyenangkan bisa menikmati suasana rumah dengan meja, kursi dan hiasan bernuansa tempo dulu. Terasa menghangatkan hati.

Di bagian ruang tamu, pengunjung bisa memesan kopi dari berbagai pelosok Nusantara. Silakan pilih, kopi robusta mau pun arabika dari Jawa Barat yang menjadi andalan, kopi Bajawa Flores, Wamena Papua, Kintamani Bali, Gayo Aceh, dan masih banyak lagi. Tersedia juga kopi lanang dan luwak. Menu olahan kopinya juga bervariasi, mulai dari kopi hitam, coffee latte mint, cappucino, sampai affogato (es krim kopi) yang lezat.

Jangan ragu bertanya tentang keunggulan masing-masing jenis kopi. Para barista dengan senang hati akan menjelaskan, hingga Anda menemukan rasa yang cocok dengan selera. Untuk teman minum kopi, tersedia pisang goreng, roti bakar, hingga kentang goreng.

Sembari menunggu pesanan, silakan memilih tempat duduk yang disuka. Di bagian dalam (satu ruang dengan tempat pemesanan, dilengkapi dengan air conditioner. Ada pilihan sofa dan tempat duduk dengan meja kayu yang bisa membuat beberapa orang, atau meja kecil dengan dua kursi. Masing-masing menawarkan suasana menyenangkan, lengkap dengan interior yang menghangatkan hati.

Pilihan lain di halaman samping yang luas. Tersedia meja kursi dengan desain kuno, meja kursi kayu biasa, dan meja kursi tinggi layaknya di sebuah bar. Di bagian teras depan ada sudut yang ditata sedemikian rupa, sehingga mirip tempat menerima tamu dengan suasana taman hijau.

IMG_2652

Awal Mula
Rumah Kopi Ranin dimotori oleh Tejo Pramono, salah satu pecinta dan penikmat kopi. Kisahnya, pada 2012, kopi belum sepopuler sekarang. Saat itu Tejo punya keinginan mengangkat petani kopi dan mengajak penggemar kopi agar bisa mendapatkan kopi dengan kualitas bagus.

Dari situ mulailah para petani dan penyuka kopi berkumpul belajar bersama. Seiring perjalanan waktu, Tejo mulai melakukan kurasi agar hasil kopi dari para petani berkualitas bagus dan bisa dijual dengan harga tinggi. “Awalnya saya tidak spesifik di dunia kopi. Tapi seiring perjalanan waktu menemukan bagaimana proses yang bagus supaya bisa menghasilkan kopi yang baik, mulai dari biji ceri hingga dikonsumsi.”

Dulu, katanya, Rumah Kopi Ranin menempati sebuah ruko. Baru pada 2016 seorang pelanggan menawarkan gudang di Jalan Kresna, Bogor. Dari situ, gudang disulap menjadi Rumah Kopi Ranin dengan konsep rumahan. Pelanggannya terus berdatangan, bukan hanya warga Bogor, tetapi juga dari Jakarta, Bandung, bahkan luar negeri.

Uji Cita Rasa
Sampai sekarang Tejo masih melakukan roasting kopi sendiri dan tetap melakukan pembinaan terhadap petaniu kopi. Selain itu, setiap Sabtu diadakan acara uji cita rasa kopi. Acara itu banyak diikuti masyarakat hingga wisatawan mancanegara. Acara itu tidak dikenakan biaya alias gratis. Tertarik mencoba?

Rumah Kopi Ranin
Jl Kresna Raya No 46, Bogor
Telp: 0812-1385-6018
Operasional: 10.00 – 22.00

IMG_2652

Ngopi Asyik di Kota Hujan
Bagaimana artikel ini menurut Anda?