Select Page

KABUPATEN Bogor selalu menarik untuk dieksplor. Bukan cuma kreativitas kulinernya, tetapi juga tempat wisata, akomodasi unik, serta kegiatan-kegiatan outdoor. Letaknya yang tak jauh dari Ibu Kota Jakarta pun menjadi pilihan menarik untuk orang-orang yang mendambakan liburan singkat dengan udara sejuk yang menenangkan.

Kabupaten Bogor terbagi dalam empat wilayah, yakni Barat, Timur, Tengah, dan Selatan. Masing- masing wilayah memiliki berbagai jenis objek wisata yang dapat dikunjungi, baik alam, budaya, maupun buatan. Mulai dari hutan, bukit, danau, sungai, air terjun, kampung budaya, museum, prasasti, pura, dan masih banyak lagi. Hotel dan restoran juga menjadi objek wisata yang menarik dikunjungi. Bukan sekadar hunian dan kuliner, tetapi juga pemandangan alam, udara segar, dan konsep unik yang diusung.

Wisata Budaya
Wisata budaya di Kabupaten Bogor sangat beragam, dia ntaranya Pura Parahyangan yang terletak di Kampung Warung Loak, Desa Taman Sari, Ciapus. Pura Parahyangan disebut-sebut sebagai pura terbesar di pulau Jawa. Bukan hanya menjadi tempat beribadah umat Hindu, tetapi juga menjadi objek religi yang menarik.

Ada juga Kampung Adat Urug yang masyarakatnya masih menjunjung tinggi adat istiadat. Selain itu masih banyak destinasi wisata lainnya yang menawarkan pengalaman budaya dan back to nature, mulai dari aktivitas memandikan kerbau, bersawah, membuat mainan tradisional, dan masih banyak lagi.

Wisata Alam
Bicara mengenai wisata alam, Kabupaten Bogor mempunyai segudang potensi. Banyak air terjun yang menyenangkan untuk dikunjungi, di antaranya Curug Cibaluing yang terkenal jernih. Ada juga Curug Leuwi Hejo dengan suasana asri.

Beragam aktivitas alam bisa dipilih, mulai dari wisata keluarga hingga kegiatan ekstrem. Anda dapat menunggang kuda di antara hamparan kebun teh yang asri dan sejuk di Agrowisata Gunung Mas, merasakan sensasi glamour camping (glamping) di Taman Wisata Alam Gunung Pancar, arung jeram di beberapa sungai beraliran deras, dan masih banyak lagi kegiatan mengisi liburan yang menyenangkan. Segarnya alam di destinasi-destinasi wisata Kabupaten Bogor memberi sensasi liburan singkat yang menyenangkan. Kabupaten Bogor bisa mengembalikan energi Anda agar kembali fit menghadapi rutinitas sehari-hari.

Kuliner
Datang ke Kabupaten Bogor tak lengkap bila tidak menyicipi kuliner yang begitu beragam. Es manisan mangga, pala, soto mi, asinan, toge goreng, dan masih banyak jenis kuliner khas yang akan melengkapi petualangan wisata Anda di Kabupaten Bogor. (CH/D-1)

Foto: Foto: hayukkabogor.id