Select Page

PENGGEMAR kuliner dan masak-memasak pasti familiar dengan Chef Bara, pemandu acara masak di layar kaca. Saat ini sosok komunikatif itu masih disibukan dengan kegiatan yang tak jauh dari dunia dapur dan mengolah makanan. Di antaranya proyek pembuatan buku memasak, menjadi konsultan, dan aktif mengisi chanel youtube B

Mari cari tahu pendapatnya lebih lanjut mengenai kuliner yang menjadi bagian dari pariwaisata Indonesia ini.

 

Destinasi favorit?

Destinasi yang lengkap menurut saya adalah Malang. Kulinernya menarik dan begitu beragam membuat saya senang. Selain kuliner, di sana banyak terdapat bangunan kuno yang selalu membuat saya bernostalgia. Pergi ke pasar tradisional merupakan hal wajib setiap berkunjung ke daerah-daerah di Indonesia. Pasar tradisional selalu menarik untuk dieksplor, sebab di sana banyak ditemukan kuliner khas daerah. Selain itu uga dapat mengamati kebiasaan masyarakat lokal.

 

Apakah kuliner bisa jadi medium promosi pariwisata?

Jelas. Kuliner memiliki daya tarik yang besar di setiap daerah. Menurut survei yang saya tahu, sekitar 40% perjalanan wisata itu pasti mencari kuliner khas di daerah yang dikunjungi. Jika suatu daerah tidak memiliki kuliner  menarik, maka pariwisata kota atau daerah tersebut menjadi pincang. Jadi, cocok apabila kuliner menjadi bagian yang menarik dari pariwisata.

 

Bagaimana perkembangan kuliner khas Indonesia sekarang?

Kuliner Indonesia yang menonjol, menarik, dan memiliki nilai jual justru merupakan kuliner jalanan dan tradisionalnya. Kesederhanaan dan keorisinilan kuliner tradisional Indonesia itulah yang selalu dicari wisatawan. Hanya saja kebersihan tempat makan tradisional terkadang kurang diperhatikan. Sebenarnya tidak perlu menjadi modern sebab ketradisionalan itulah yang menjadi nilai jual. Tapi yang penting besih, sehingga wisatawan lokal maupun mancanegara tidak akan enggan masuk ke tempat makan.

 

Harapan untuk pariwisata Indonesia?

Kuliner merupakan bagian yang menghidupi pariwisata maka pengembangan kuliner khas Indonesia perlu juga dibantu oleh pemerintah. Fasilitas yang bersih dan nyaman tentu merupakan dambaan para wisatawan dalam maupun luar negeri. Peningkatan kebersihan dan kenyamanan tempat wisata maupun kuliner yang disajikan akan menambah nilai pariwisata itu sendiri. (CH/D-1)