Select Page

IMG_1592Cukupkah 3 hari 2 malam di Pulau Samosir, Sumatra Utara? Pada dasarnya objek wisata di Kabupaten Samosir bisa dikelilingi dalam dua hari. Belibur 3 hari 2 malam cukup untuk menjelajahi sebagian besar objek wisata alam dan budaya. Namun, jika ingin lebih santai dan bisa menikmati suasana dan pemandangan Danau Toba, tambahlah hari sesuai dengan ketersediaan waktu. (Baca juga objek wisata di Pulau Samosir)

Hari pertama
Dari Bandara Silangit, Tapanuli Utara bisa langsung menjelajahi bagian barat Samosir. Mulai dari Batu Sawan, Batu Hobon, Menara Pandang Tele, Air Terjun Effrata, pusat kota Samosir, dan akhirnya ke Tuk Tuk, pusat penginapan yang banyak dipilih wisatawan.

Hari kedua
Bisa digunakan untuk menjelajahi bagian timur Samosir, mulai dari Pantai (Tepi danau yang mirip pantai) Situngkir, Parbaba, Museum Simanindo & Hutabolon, Batu Kursi Persidangan Siallagan, Makam Raja Sidabutar, dan beberapa danau.

Hari ketiga
Jika mengambil penerbangan siang, bisa berangkat pagi-pagi sekitar pukul 06.00 agar bisa menyaksikan keindahan matahari terbit sepanjang perjalanan. Waktu masih memungkinkan untuk singgah ke Menara Pandang Tele dan berjalan ke Air Terjun Efrata (sekitar 20 menit dari Menara Pandang Tele), jika saat kedatangan belum sempat dilakukan.

IMG_0864

AKSES
Pulau Samosir bisa dicapai dari beberapa sisi. Dua di antaranya digemari wisatawan. Pertama dari jalur Medan – Parapat – Samosir, kedua dari Bandara Silangit, dilanjutkan jalan darat melewati beberapa kabupaten, sebelum akhirnya melintasi jembatan yang menghubungkan Samosir dan daratan Sumatra.

Rute Medan – Samosir
1. Banyak maskapai penerbangan dari berbagai kota di Indonesia dan Singapura serta Penang, Malaysia yang singgah ke Bandara Internasional Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang, sekitar 39 km dari Medan.
2. Dari Bandara, Anda bisa menelusuri dulu wisata dan kuliner Kota Medan, kemudian berangkat menuju Parapat. Banyak bus dengan rute tersebut, namun paling nyaman menyewa kendaraan, apalagi jika berangkat berombongan. Lama perjalanan dari Medan ke Parapat sekitar empat hingga lima jam, tergantung kepadatan kendaraan.
3. Dari Pelabuhan Ajibata, Parapat, perjalanan menuju Tomok, Samosir dilakukan dengan transportasi air, Ada beberapa pilihan:
– Kapal penumpang umum dengan tiket seharga Rp8.000/orang, bisa juga mengangkut sepeda motor.
– Speedboat harga sewa Rp500.000 – Rp600.000
– Ferry Tao Toba seharga Rp115.000 per kendaraan.

Rute Bandara Silangit – Samosir
1. Ada beberapa penerbangan dari Jakarta dan Medan yang saat ini dilayani tiga maskapai penerbangan.
Menyewa kendaraan yang ditawarkan di bandara adalah cara paling praktis untuk melanjutkan perjalanan ke Samosir. Juga memudahkan untuk singgah di beberapa objek wisata di jalur yang dilalui, di antaranya Sipinsur dan Menara Pandang Tele. Perjalanan dari Bandara Silangit menuju Samosir butuh waktu sekitar 2 hingga 2,5 jam.
2. Tersedia pula angkutan umum Damri dari Bandara Silangit menuju Tapanuli Utara (Tarutung), Tobasa (Porsea), Humbang Hasundutan (Dolok Sanggul). Ada dua jadwal, pukul 10.30 dan 14.30 dengan biaya sukarela.

Transportasi di Pulau Samosir
1. Jika ingin mengelilingi Samosir, maka menyewa kendaraan roda empat dan dua adalah pilihan paling praktis.
Ada angkutan umum, namun frekuensinya sangat jarang.
2. Di dalam kota bisa menggunakan becak motor.

TIPS
1. Penerbangan dan pendaratan ke Silangit sangat tergantung cuaca (kabut). Terkadang karena tak bisa mendarat, pesawat terbang ke Kualanamu. Waktu keberangkatan pun bisa mundur, jika cuaca buruk. Jadi, bersiaplah menunggu dan mungkin harus menginap di Siborong-Borong, Tapanuli Utara, kabupaten tempat bandara itu berdiri.
2. Udara di Kabubaten Samosir cenderung dingin, terutama di pagi dan malam hari. Bawalah jaket untuk berjaga-jaga.
3. Menyewa kendaraan dari Bandara Silangit ke Samosir dan sebaliknya adalah cara paling nyaman dan praktis. Waktu tempuhnya sekitar 2 hingga 2,5 jam.
4. Tuk Tuk saat ini menjadi pusat penginapan wisatawan. Banyak pilihan hotel yang nyaman, terletak di tepian Danau Toba.
5. Jika Anda menginap di Tuk Tuk dan berangkat dari Parapat, biasanya pihak hotel sudah menyediakan transportasi air dari Parapat langsung ke hotel.
6. Tanyalah kehalalan makanan sebelum membeli dan mengonsumsi.

3 hari 2 Malam di Samosir
Bagaimana artikel ini menurut Anda?