Select Page

Tahukah Anda bahwa Cirebon adalah kota dengan 7 pesona pariwisata yang menjadi prioritas Kementerian untuk dipromosikan?

MESKI belum tertata dengan baik, sesungguhnya Cirebon merupakan daerah yang kaya objek wisata sejarah, ziarah, seni, budaya, dan kuliner.

Kasepuhan & Kanoman

Keraton merupakan salah satu objek wisata utama Kota Cirebon. Keraton Kasepuhan berdiri dengan material bangunan yang masih asli. Arsitektur dan interiornya perpaduan antara Jawa, China, Timur Tengah, dan Eropa. Demikian pula koleksi benda-benda kunonya.

7 Pesona Andalan Cirebon Bangsal Keraton

Masuk ke Kasepuhan, pengunjung akan disuguhi laburan dinding putih dengan hiasan keramik China warna-warni. Sangat menarik. Terdapat pula museum yang menyimpan replika kereta kencana  Singa Barong. Keraton Kasepuhan mulai dibangun pada 1430 oleh putra mahkota Kerajaan Pajajaran.

Keraton Kanoman didirikan pada 1588, sama indahnya dengan Kasepuhan.

Gua Sunyaragi

7 Pesona Andalan Cirebon Gua Sunyaragi

Gua Sunyaragi dibangun pada abad 17, terletak di Kelurahan Sunyaragi, Kesambi, Kota Cirebon. Arsitekturnya sangat unik, tiada dua. Dibangun dengan mempertahankan batu-batu karang yang bergelombang. Pada masanya, Gua Sunyaragi dikeliling danau, sehingga kerap disebut sebagai Taman Ar Sunyaragi.

Sentra Kerajinan Tembikar

Cirebon memiliki sentra kerajinan gerabah di Desa Sitiwinangun, Kecamatan Klangenan, Kabupaten Cirebon. Lokasinya sekitar 15 km dari Kota Cirebon. Meski disebut sentra gerabah, sayangnya belum ada showroom yang menampung kerajinan rakyat.

Topeng Cirebon

Topeng Cirebon jelas sudah terkenal hingga mancanegara. Namun, banyak seniman dan budayawan yang menyayangkan kian sedikitnya perajin topeng yang bisa membuat sesuai dengan pakem. Saat ini yang dikenal maestro dalam pembuatan topeng adalah Pak Murani, dari Desa Slangit, Kabupaten Cirebon.

Batik Katura

Sanggar Batik Katura berlokasi di Jl Buyut Trusmi No 439 Trusmi Kulon-Plered, Cirebon. Pengunjung bisa langsung melihat koleksi kain, menambah pengetahuan  sejarah batik, atau menikmati berbagai proses pembatikan.

Belajar batik untuk turis asing dikenakan biaya Rp100 ribu, wisatawan Nusantara Rp50 ribu, dan pelajar Rp40.000.

Kerajinan Kerang

7 Pesona Andalan Cirebon Kerajinan Kerang

Jika sudah sampai di Cirebon, sempatkan mampir ke Rumah Kerang. Begitu masuk ke showroom, gemerlap lampu terlihat memesona, menyinari dan memantul dari beragam cangkang kerang yang sudah dibentuk menarik. Di tangan Nur Handiah Jaime Taquba, limbah cangkang kerang berubah menjadi kerajinan bernilai tinggi.  Saat ini kerajinan kerang Cirebon telah diekspor ke 35 negara.

Pasar Tradisional

Pasar tradisional bisa menjadi objek telusur dan fotografi yang sangat menarik. Pasar Kanoman Cirebon masih kental dengan nuansa tradisional. Toko-toko kuno berdiri dengan penataan dan barang dagangan yang khas. Emperan dipenuhi pedagang, mulai dari penjual makanan tradisional yang masih dimasak dengan kayu bakar hingga bunga tabur.

7 Pesona Andalan Cirebon
4.5 (90%) 2 votes