Perusahaan maskapai Air France – KLM Group menunjuk Jean-Marc Janaillac sebagai orang nomor satunya setelah CEO sebelumnya, Alexandre de Juniac mundur mendadak.CEO baru Airfrance KLM Group

Janaillac terkenal sebagai salah satu veteran di industri transportasi Perancis yang sudah sangat berpengalaman di bidang ini sejak tahun 1960an. Dengan pengumuman ini, saham Air France naik 1.2% menjadi 7.92 Euro di perdagangan pasar modal Perancis. Penunjukan Janaillac banyak didukung oleh banyak pihak dikarenakan dianggap lebih netral dan tidak terlalu ditunggangi dengan alasan politis.

Sebelumnya, Janaillac merupakan Head of Transport di Transdev dan dikenal sebagai sosok yang memiliki track record sangat baik dalam memecahkan permasalahan dan sosok mediator terkemuka. Khususnya di permasalahan dengan perserikatan buruh Eropa dan yang menyelesaikan aksi-aksi mogok pilot di kasus-kasus sebelumnya.

Menurut kabar sebenarnya posisi ini pertama kali ditawarkan ke Chief Commercial Officer Emirates, Thierry Antinori yang dilaporkan menolak. Diperkirakan Janaillac akan masih menghadapi keruwetan urusan dalam Air France-KLM dengan perserikatan Perancis yang meminta strukturisasi biaya perusahaan gabungan Group ini agar lebih transparan dan efisien. Seperti diketahui, semenjak 2004, Air France & KLM Royal Dutch Airlines telah menjadi grup maskapai terbesar Eropa dengan 3 sektor bisnis : Passenger Business, Cargo, dan Engineering & Maintenance.