Select Page

Sejarah mengatakan air soda di daerah Tarutung ditemukan seorang bidan yang baru saja kembali ke kampung halaman.

Di dunia hanya terdapat dua tempat pemandian air soda, di Venezuella dan di Huta Parbubu –  Tarutung. Air soda ini awalnya ditemukan seorang bidan yang sedang mencangkul. Tanpa sengaja dari dalam tanah keluar air yang berasa soda.

Setelah kejadian itu, bidan Minar Shite bermimpi didatangi opung-nya dan diberi wasiat untuk mengembangkan tempat itu. Dia harus mempersiapkan tujuh pohul itak (lampet) dibungkus pohon pisang sebagai bentuk persembahan kepada pengisi alam. Lampet (Lapet) adalah kue berbentuk limas yang dibungkus daun pisang.

Pada 2004, Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara meresmikan kolam air soda menjadi salah satu objek wisata. Bila sedang berlibur ke daerah Sumatra Utara, destinasi ini wajib menjadi tempat tujuan utama. Luas pemandian air soda Tarutung sekitar 30 meter dengan kedalaman dua meter. Sekelilingnya dibentengi batu-batu besar.

Air Soda Tarutung - Danau

Ada beberapa hal unik pada pemandian air soda ini :

  1. Tubuh terasa berbusa saat kita berendam
  2. Air soda Tarutung tidak lengket di badan
  3. Air pemandian berasa asin
  4. Bila terkena cipratan air soda, mata akan terasa perih.
  5. Air soda Tarutung berwarna kemerahan. Itulah sebabnya pemandian air soda Tarutung ini dalam bahasa Batak Toba disebuk Aek Rara Aek (Air) rara (Merah)

Manfaat mandi air soda Tarutung:

  1. Dapat menghilangkan penyakit kulit
  2. Dapat menghilangkan penyakit rematik
  3. Dapat menyembuhkan sakit mata
  4. Bila meminum air soda ini secara langsung, mampu mencegah asam urat dan mengurangi pengapuran tulang.

Air Soda Tarutung - Salib Kasih

Selain merasakan sensasi mandi di air soda, Tarutung yang berhawa dingin juga memiliki tempat pemandian air panas yang keluar dari mata air Gunung Martimbang. Bagi umat Kristiani yang ingin melihat salib terbesar di Indonesia bisa mengunjungi Salib Kasih yang terletak tidak jauh dari air soda yang berada di daerah Rura Silindung.

Untuk masuk ke pemandian air soda, cukup dengan Rp 7.000 sudah bisa berendam di air soda Tarutung.

Rute Perjalanan

Bagi yang berada di luar kota Medan, harus ke Bandara Internasional Kuala Namu terlebih dahulu. Setelah itu melanjutkan perjalanan menggunakan travel tujuan Medan – Tarutung dengan biaya berkisar Rp 100.000. Jarak yang ditempuh sekitar 7 jam. Setelah sampai di Tarutung kemudian melanjutkan perjalan kembali sampai ke dusun Aek Sinasum menggunakan ojek dengan biaya Rp 20.000.

Apabila ingin menggunakan jalur udara, kalian bisa naik pesawat dari Bandar Udara Kuala Namu menuju Bandar Udara Silangit di Siborong-borong dengan menghabiskan biaya sekitar Rp 300.000. Setelah itu melanjutkan perjalanan kembali melalui jalur darat ke Tarutung menuju Dusun Aek Sinasum dengan bus dan biaya sekitar Rp 10.000 – Rp 20.000.

Tunggu apalagi, segera luangkan waktu kalian untuk menghabiskan waktu berendam di air soda yang hanya ada 2 tempat di Dunia.

Sensasi Berenang Di Air Soda Tarutung
5 (100%) 1 vote


Also published on Medium.