Select Page

Garuda Indonesia, Air Asia, dan kini Federal Aviation Authority (FAA) Amerika Serikat turut melarang dibawanya perangkat Galaxy Note 7 ke dalam kabin pesawat.

Beberapa maskapai penerbangan mengumumkan pelarangan dibawanya perangkat Galaxy Note 7 ke dalam kabin pesawat. Kebijakan ini menyusul pengumuman korporasi Samsung secara internasional tentang penarikan kembali produk Galaxy Note 7 mereka. Beberapa maskapai yang menerapkan laporan ini antara lain Garuda Indonesia, Air Asia, Lion Air, Singapore Airlines. Bahkan kemarin secara resmi FAA Amerika Serikat turut merekomendasikan secara resmi agar perangkat Galaxy Note 7 tidak diperbolehkan masuk ke pesawat terbang.

Beberapa waktu lalu, Samsung mengumumkan penarikan kembali gawai Galaxy Note 7 pada tanggal 1 September 2016. Penarikan kembali ini, akibat beberapa kejadian terbakarnya baterai unit Note 7 karena korslet baterai. Sesuai rilis pers resmi dari kantor pusat Samsung di Seoul, secara internasional telah dilaporkan sejumlah 35 kasus terbakarnya baterai perangkat Galaxy Note 7. Ini adalah total dari ratusan juta perangkat Note 7 yang telah sempat beredar secara internasional.

Galaxy Note 7 masuk kabin

Penukaran Gratis

Walau bisa dikatakan jumlah kejadian relatif kecil, Samsung tetap melaksanakan tanggungjawabnya untuk memastikan keselamatan seluruh konsumen Galaxy Note 7, dan penukaran dilakukan dengan cuma-cuma. Penyelidikan dari pihak Samsung juga telah menemukan penyebabnya: suatu kesalahan produksi baterai dari salah satu supplier yang dikontrak Samsung untuk menyediakan baterai. Penukaran gratis adalah untuk semua perangkat Note 7 yang telah beredar, dan tidak terbatas pada hanya perangkat-perangkat yang menggunakan baterai dari supplier lalai tersebut.

Secara umum perangkat Note 7 masih tetap bisa dibawa dalam penerbangan Anda, selama perangkat Note 7 tersebut dalam keadaan mati/off, dan diletakkan dalam bagasi, tidak dibawa sebagai carry-on luggage. Lebih lanjut pula sejumlah pihak meragukan apakah bisa pelarangan terhadap Note 7 ini bisa dilaksanakan secara efektif. Meskipun demikian sangat disarankan agar semua pembeli resmi Note 7 segera menukarkan Note 7 mereka di perwakilan resmi Samsung terdekat secara gratis. (Fer)