Select Page

Di tempat ini, Anda bisa belajar dan menyaksikan tarian ombak laut selatan yang mengayun papan selancar dan perahu jukung bermotor.

COBA1MALANG ternyata punya pantai yang diincar para peselancar pemula dan profesional. Pantai Lenggoksono dan Wedi Awu disebut-sebut memiliki ombak yang sangat mendukung tarian para peselancar.

Penasaran? Bagi yang senang berpetualang, sempatkan melakukan perjalanan ke pantai yang terletak di Dusun Lenggoksono, Desa Purwodadi, Tirtoyudo, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Di sana, Jika punya keberanian bisa juga belajar berselancar didampingi instruktur dengan biaya Rp100 ribu/jam.

Jika tak ingin melakukan aktivitas yang tergolong ekstrem itu, nikmati petualangan lainnya. Ikuti tur menggunakan perahu jukung bermotor ke berbagai objek wisata yang ada di kawasan tersebut. Nikmati pemandangan air terjun tepi pantai yang memertemukan kucuran air tawar dengan air laut. suasana Pantai Bolu-Bolu yang kerap dijadikan lokasi camping, dan snorkeling di Kletak’an.

Lenggoksono
Lenggoksono adalah salah satu pantai yang masuk kawasan Bowele, singkatan dari Pantai Bolu-Bolu, Wedi Awu, dan Lenggoksono. Dari pantai itulah biasanya berbagai kegiatan dimulai, termasuk tur dengan perahu.

Setelah berbincang santai dengan penduduk setempat, kami memutuskan ikut paket berperahu menuju Banyu Anjlok, Bolu-Bolu, dan Kletek’an. Sewa satu perahu Rp480 ribu dengan kapasitas maksimal 10 orang. Marlan, koordinator perahu di Lenggoksono menyarankan menunggu pengunjung lain yang juga akan mengikuti tur.

“Hari biasa agak sepi, paling hanya memberangkatkan empat hingga lima perahu. Tunggu saja, nanti pasti ada tamu lain,” ujarnya sembari memberi informasi, bahwa tiga tempat itu bisa dicapai pula dengan cara lain, yakni menyewa ojek, melewati jalan yang cukup ekstrem.

Surfing
Pagi menjelang siang hari itu, ombak terlihat tenang, langit biru, namun di kejauhan gumpalan warna abu-abu mulai terlihat menandakan akan turun hujan. Tidak ada aktivitas surfing seperti yang semula diharapkan. “Ombaknya terlalu tenang, mungkin nanti sore,” ujar Dani, salah satu peselancar muda berbakat asli Lenggoksono.

Sejak 2012, Lenggoksono dikenal sebagai salah satu pantai yang memiliki variasi ombak menarik untuk berselancar. Awalnya, kisah Mukhlis, ketua Kelompok Sadar Wisata Desa Purwodadi, ada tamu yang datang mengecek ombak dan kemudian menginformasikan bahwa Lenggoksono dan Wedi Awu bisa dijadikan sebagai tempat berselancar. Kemudian datang orang dari Bali yang mulai mengajarkan teknik berselancar. “Sekarang anak dari daerah ini sudah ada yang mendapat sponsor surfing dari perusahaan di Bali,” papar Mukhlis bangga.

Lenggoksono menurut Mukhlis, aman digunakan untuk peselancar pemula. Di pantai itu, pemecah ombak datang dari kiri dan kanan. Bagi peselancar profesional bisa menggunakan Pantai Wedi Awu yang hanya memiliki satu pemecah ombak di sebelah kiri.

Banyu Anjlok
Ini adalah tempat pertama yang didatangi, ketika memilih mengikuti tur tiga objek wisata. Begitu penumpang mencapai kuota minimal delapan orang, perahu pun berangkat. Saat itu waktu sudah menunjukkan pukul 01.00 siang. Setelah menggunakan life jacket, perahu didorong, dan kami meluncur di lautan.

Sekitar 10 menit perjalanan, tibalah di air terjun tepi pantai Banyu Anjlok. Semula pasir coklat di bawah air terjun masih bisa terlihat. Namun, siang itu air laut mulai pasang, hanya dalam hitungan 5 menit, aliran air terjun tidak lagi jatuh ke pasir, tapi langsung bercumbu dengan air laut. Setelah puas berfoto, perjalanan pun dilanjutkan ke Pantai Bolu-Bolu.

IMG_1907

Bolu-Bolu
Hanya ada satu rumah di pantai yang disediakan untuk camping itu. Tergolong ideal karena sumber air tawar mengalir deras. Setelah beristirahat dan berfoto, akhirnya rombongan kembali meluncur ke lautan ditingkahi hujan yang cukup deras.

Kletak’an
Kletak’an merupakan destinasi terakhir yang akan dikunjungi. Saat berangkat dari Bolu-Bolu, waktu sudah menunjuk pukul 15.00. Hujan terus turun, tapi untunglah mendekati tempat snorkeling telah mereda. Namun, karena cuaca kurang menguntungkan, air laut berubah menjadi keruh, tidak mendukung kegiatan snorkeling.

Maka, kami memutuskan kembali ke Lenggoksono. Curah hujan kembali lebat dan kemudian menyisa gerimis. Mendekati pantai, terlihat beberapa penduduk tengah meliuk, menari bersama ombak di atas papan selancar. (D-1)

INFO

  • Pantai Lenggoksono, Wedi Awu, dan Bolu-Bolu kerap disingkat menjadi Pantai Bowele, berlokasi di Desa Purwodadi, Tirtoyudo, Kabupaten Malang.
  • Dari Singosari dan Pusat Kota Malang, perjalanan menuju Bowele sekitar tiga jam.
    Kondisi jalan bervariasi, sebagian belum terlalu bagus, sehingga penuh guncangan. Medannya cukup berliku dan di beberapa ruas jalan diapit jurang.
  • Jika ingin menikmati makanan laut di Lenggoksono, pesanlah dua atau tiga hari sebelum kedatangan. Penduduk akan bergerak mencari ikan dan juga menyiapkan Lobster.
  • Homestay di Lenggoksono seharga Rp150.000 hingga Rp200.000/ kamar (termasuk sarapan)
  • Sewa tabung diving Rp550 ribu (minimal 4 pax)
  • Sewa alat snorkeling Rp25 ribu/set
  • Tenda Rp30.000 – Rp50.000 (kapasitas 2 hingga 3 orang)
  • Tarif surfing Rp100.000/jam untuk pemula berikut instruktur
  • Tarif surfing profesional Rp50.000
  • Berperahu (perahu jungkung bermotor) mendatangi tiga objek wisata (Banyu Anjlok, Pantai Bolu-Bolu, Kletak’an untuk snorkeling) Rp60.000/orang, minimal 8 orang, maksimal 10 orang.
  • Jalan darat (hanya bisa ditempuh ojek motor) Rp60.000 dengan tujuan Banyu Anjlok
  • Jalan darat menggunakan ojek ke tiga tempat (Banyu Anjlok, Bolu-Bolu, Kletak’an) Rp150 ribu.
  • Paket Family ke (Banyu Anjlok, Pantai Bolu-Bolu, Kletak’an Rp175 ribu/pax, minimal 8 orang termasuk peralatan standar life jacket, satu kali makan, alat snorkeling, asuransi, pemandu.
  • Paket Adventure 1 (camping di Bolu-Bolu, Banyu Anjlok, Kleta’an) Rp225 ribu/pax minimal 8 orang, termasuk peralatan standar life jacket, satu kali makan, alat snorkeling, asuransi, pemandu.
    Paket Adventure 2 (Banyu Anjlok dan Goa Lowo/Teluk Ngasem Private Beach Rp350 ribu/pax, fasilitas sama dengan Adventure 1.
Kontak:
Ketua Kelompok Sadar Wisata: Mukhlis (08155535500 / 081333268886
Korrdinator perahu: Marlan: 085648052484
Belajar Surfing di Malang Selatan
5 (100%) 1 vote