sumber: pixabay.com

 

INGIN suasana baru berliburan? Datanglah ke Majalengka, sebuah kabupaten di Jawa Barat. Banyak destinasi wisata di kabupaten ini, salah satunya Jembar Waterpark di Desa Ranji Selatan, Kecamatan Kasokandel.

Jembar Waterpark ini mengambil tema Dinosaurus  sebagai penarik pengunjungnya terutama anak-anak.  Putra-putri Anda pasti senang jika diajak ke sini karena banyaknya patung-patung hewan prasejarah berukuran raksasa yang menghiasi di setiap sudut waterpark. Patung-patung dinosaurus ini disesuaikan dengan ukuran asli binatang tersebut.

Seperti halnya kolam renang lainnya, Waterpark  ini juga menyediakan persewaan baju,  fasilitas sewa papan dan sewa ban. Tempat ini juga dilengkapi dengan permainan seluncuran yang dapat digunakan oleh keponakan ataupun putra-putri Anda.

Kolam Renang dan waterboom Jembar Waterpark Kasokandel Majalengka bersuasana perdesaan yang khas. Tempat ini juga dapat dijadikan sebagai alternatif untuk reuni dan kegiatan lainnya untuk berkumpul bersama dalam kelompok yang besar.

Selain kolam renang dan waterboom , di kawasan ini juga terdapat kafetaria dan tempat makan bergaya gazebo untuk mengisi perut dan duduk santai. Suasananya adem karena dikelilingi pepohonan yang rindang.

Selain Jembar Waterpark, Majalengka kini juga memiliki Grage Majalengka Waterboom. Fasilitas olahraga dan rekreasi ini dibangun di atas lahan seluas 2,7 hektare. Yang mencolok, kolam renang prestasi selalu hadir di setiap waterboom yang dibangun oleh Grage Grup. Sebelumnya, Grage Grup sudah membangun waterboom di Kuningan dan Cirebon.

Kehadiran fasilitas kolam prestasi dimaksudkan agar waterboom bukan hanya untuk rekreasi, melainkan juga bisa melahirkan bibit-bibit atlet renang di wilayah Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan.

Lokasi rekreasi air di kawasan Majalengka ada di Desa Lojiawi, yakni Tirta Indah. Selain ada 3 kolam renang dengan 1 kolam renang dangkal untuk anak-anak, fasilitas yang juga tersedia antara lain adalah satu buah waterboom dan 2 buah papan luncur bergelombang dengan ketinggian sekitar 15 meter. Ada juga waterboom Tohaga yang berlokasi di Desa Burujul Kulon, Jatiwangi.

Air Terjun

 Di luar waterboom, Majalengka juga terkenal dengan wisata air terjunnya. Salah satunya yaitu Curug Muara Jaya yang berlokasi di Kampung Apuy, Desa Argamukti, Kecamatan Argapura.

Curug Muara Jaya memiliki ketinggian 73 meter dan keindahan luar biasa sehingga mampu membuat pengunjung terpesona. Air terjun ini dikenal juga dengan sebutan Curug Apuy. Wisata air terjun ini ada pada aliran Sungai Muara Jaya di lereng Gunung Ciremai.

Masih dalam satu kecamatan, tak jauh dari Curug Muara Jaya, ada juga air terjun Sawer yang punya keindahan yang luar biasa. Dan, banyak lagi lokasi air terjun lainnya di Majalengka seperti curug Tonjong, curug Cipeuteuy, air terjun Cibali, curug Sempong, curug Awul, curug Puntang, dan lain-lain.