Select Page

Telah hadir sebuah bioskop bandara di Sultan Aji Mahmud Sulaiman (SAMS) Sepinggan, Balikpapan.

BIOSKOP bandara di Bandara SAMS Balikpapan ini telah dibuka sejak 13 Juli tahun ini. Bioskop ini adalah fasilitas menunggu untuk penumpang pesawat, dan tersedia gratis untuk pemegang tiket pesawat.

“Kemarin 4 Juli soft launching dihadiri Board of Director (BoD). Airport cinema mulai beroperasi per tanggal 13 Juli 2016 dengan kapasitas 15 orang, dengan fasilitas kursi sofa santai yang tidak kalah dengan standar bioskop premiere atau satin”, kata Corporate Secretary Angkasa Pura (AP) 1 Farid Indra Nugraha.

Dijelaskan bahwa airport cinema ini akan beroperasi setiap hari mulai pukul 7 pagi hingga sekitar pukul 9 malam, menayangkan total 4 babak setiap harinya. Layar menggunakan layar digital resolusi tinggi dan dengan sistem suara kelas sinema. Suasana menonton di “bioskop mini” ini tidak kalah dengan menonton di dalam bioskop “sungguhan”.

Layar di Bioskop Bandara Balikpapan (foto: Angkasa Pura 1)

Layar di Bioskop Bandara Balikpapan (foto: Angkasa Pura 1)

Ke depannya menurut keterangan pihak PT. Angkasa Pura 1, direncanakan airport cinema ini juga akan hadir di beberapa bandara se-Indonesia, sesuai dengan kondisi.

Saat ini, Angkasa Pura I mengelola 13 bandara di wilayah Indonesia Tengah dan Timur. Yaitu Bandara Ngurah Rai – Denpasar, Bandara Juanda – Surabaya, Bandara Hasanuddin – Makassar, Bandara Sepinggan – Balikpapan, Bandara Frans Kaisiepo – Biak, dan Bandara Sam Ratulangi – Manado. Selain itu, Bandara Syamsudin Noor – Banjarmasin, Bandara Ahmad Yani – Semarang, Bandara Adisutjipto – Yogyakarta, Bandara Adisumarmo – Surakarta, Bandara Internasional Lombok – Lombok Tengah, Bandara Pattimura – Ambon, serta Bandara El Tari – Kupang.

Trend Fasilitas Bandara

Tentu airport cinema ini bukan yang pertama di dunia. Beberapa bandara ternama dunia telah terlebih dahulu memiliki bioskop di dalamnya, antara lain Bandara Changi di Singapura, Dubai International di Uni Emirat Arab, dan beberapa bandara paling ternama di Indonesia. Bandara Dubai bahkan memiliki sebuah perpustakaan.Bioskop-bioskop di bandara-bandara ini bahkan adalah bioskop “penuh” dengan kapasitas penonton 50 hingga 100 bangku. PT Angkasa Pura berambisi ingin membentuk bandara yang tak kalah canggih dengan bandara-bandara tingkat dunia ini, salah satunya dengan membangun Bandara Soekarno Hatta di Jakarta.


Also published on Medium.