Select Page

Traveling bagi Yeni Sebayang dan Frans Salom Girsang menjadi pengalaman yang tidak bisa dinilai dengan uang.

liburan keluarga yeni 4

BERLIBUR sudah menjadi kegiatan rutin bagi Yeni Sebayang. Kebiasaan itu sudah tertanam sejak kecil. Sang ayah sering memberi iming-iming ajakan jalan-jalan ke destinasi dalam dan luar negeri, jika nilai sekolah bagus.  “Sampai besar dan bekerja, kebiasaan itu terus terbawa. Saya bisa mengumpulkan uang dan  jalan-jalan sendiri tanpa meminta dari orang tua. Saya  bebas menentukan tujuan,” kisahnya.

Beruntung, dalam perjalanan hidup, Yeni  bertemu dengan suami  Frans Salom Girsang yang juga hobi jalan-jalan. “Kami sudah jodoh, sama-sama suka jalan.  Sejak menikah hingga sekarang telah pergi ke banyak tempat. Rasanya seperti  bulan madu kembali bila bepergian.”

liburan keluarga yeni 1

Yeni dan suami tidak membatasi traveling ke luar negeri saja, tetapi juga menjelajah dan melakukan perjalanan bulan madu di Indonesia seperti di kampung halaman Sumatra (Danau Toba, Brastagi), Palembang, Padang, Jambi, Pekan Baru, Bangka, dan Belitung sudah didatangi. Di Pulau Jawa ada Yogyakarta, Semarang, Surabaya,  dan Solo. “Untuk  Indonesia timur saya menjelajah Bali, Lombok, Kupang, dan Labuan Bajo. Kalimantan saya sudah datangi Balikpapan dan Samarinda. Sulawesi saya pernah ke  Manado, Makassar, dan banyak  lainnya. Saya masih punya mimpi untuk ke Papua dan Aceh.”

liburan keluarga yeni 2

Untuk luar negeri,  di antaranya  ke Singapura, Malaysia, Thailand, China, Hongkong, Jepang, dan Korea.  Untuk Eropa dia mengunjungi Belanda, Swiss, Jerman, Belgia, Prancis, dan Inggris. Australia dia  mengelilingi Melbourne, Gold Coast, dan Sydney. Wilayah Timur Tengah dia telah menyambangi Dubai, Doha, Jordania, Israel, dan Palestina. Tidak ketinggalan juga Mesir.

Tak Terbeli

Selain traveling, Yeni hobi mengoleksi tenun dari berbagai daerah di Indonesia. Setiap mendatangi suatu tempat, pemandangan alam dan kuliner jelas menjadi tujuan utama. Tidak ketinggalan berburu kain tenun. Belum lama ini Yeni menyambangi pengrajin tenun di Bangka dan Belitung.

liburan keluarga yeni 7

Selain  bersama suami, Yeni juga kerap melancong  dengan keluarga suami dan sahabat. “Tapi  paling sering memang bersama suami.  Sayangnya, kalau ke tempat terpencil di Indonesia Timur butuh waktu lama. Kadang saya  harus menunggu suami cuti dulu,” ungkap Yeni yang tahun lalu menyelenggarakan Indonesia Inspiring Women Day dengan diskusi dan pameran tenun.

Ada beberapa hal yang dipertimbangan Yeni dan suaminya untuk mengunjungi suatu daerah. Paling penting adalah keindahan alam (view), kuliner, budaya, dan ragam hal lainnya. Dari kunjungan ke kunjungan, Yeni belajar banyak hal. Misalnya mengenal karakter masyarakat yang tinggal di pantai atau pegunungan. Juga mengenal beragam seni, budaya, serta kekhasan kuliner. “Traveling bagi saya menjadi pengalaman yang tidak terbeli dan  ternilai. Saya punya banyak pengetahuan dari berbagai tempat yang sudah saya kunjungi.”

 

Ketika ditanya daerah mana yang paling mengesankan? Sejenak perempuan aktif itu merenung, kemudian menjawab, “Saya selalu berkesan dengan tempat baru. Buat saya semua tempat itu mengesankan. Setiap daerah memunyai keunikan tersendiri yang tidak bisa dibandingkan dengan tempat lain.”

Internet & Arisan

Saat merencanakan pergi ke satu tempat, Yeni  memanfaatkan internet. Dia biasanya browsing untuk mencari tahu tentang segala sesuatu di daerah yang dituju. Baik itu hotel, tiket, makanan, aktivitas, oleh-oleh, dan ragam kegiatan menarik .

Untuk bepergian biasanya Yeni menabung uang dalam bentuk arisan. Cara itu dia lakukan agar biaya traveling tidak mengganggu operasional rumah tangga. Terbaru April 2016, Yeni dan suami berjalan-jalan selama satu bulan ke Selandia Baru. Negara itu, katanya, memiliki keindahan alam mengagumkan. “Setiap mengunjungi daerah atau negara baru, saya selalu merasa kagum,” katanya.

liburan keluarga yeni 5

Meski demikian, ada beberapa kota dan negara yang kerap menerbitkan perasaan rindu, hingga didatangi berulang kali. Di antaranya Yogyakarta, Bali, Manado, dan Singapura. “Biasanya kalau ada libur akhir pekan yang waktunya cocok, kita kerap memutuskan go show atau mencari tiket langsung di bandara. Kami senang kalau bisa mengganti suasana  sibuk Jakarta.  Keluar dari kesibukan sehari-hari. Rencana berikut, kami ingin pergi ke Raja Ampat,” ungkap Yeni menutup perbincangan dengan Destinasi Indonesia.

 

Bulan Madu Sepanjang Masa
1 (20%) 1 vote