Select Page

Maskapai Malaysian Airlines sekali lagi mengalami kejutan yang tidak menyenangkan. Kali ini dari keputusan mendadak dari CEOnya , Christoph Mueller, yang mengajukan pengunduran dirinya lebih awal dari kontrak yang disepakati dengan maskapai tersebut.

Pasca mundurnya tokoh nomor satu di MAS ini, Christoph Mueller telah menyetujui akan menjalani masa transisi selama 6 bulan sebelum sepenuhnya keluar dari perusahaan tersebut.

Namun, di sisi baiknya, menurut laporan Christoph Mueller, pendapatan MAS telah berhasil menutup selisih sebesar setengah juta dollar di bulan Februari lalu sehingga mencapai break-even atau balik modal di bulan tersebut. Ini mengindikasikan potensi bahwa pendapatan perusahaan ini dapat kembali sehat dengan stabil dalam waktu dekat.

Destinasi Indonesia Malaysian Airlines

Christoph Mueller Mundur dari jabatan CEO Malaysian Airlines

“Kami sangat kecewa kehilangan Christoph Mueller sebagai CEO, tetapi kami sepenuhnya memahami alasan dan menghormati kebutuhannya untuk melakukan hal ini,” kata Chairman Malaysia Airlines, Md Nor Yusof.

Seperti diketahui, Malaysia Airlines telah mengalami kerugian keuangan yang besar sejak sebelum dihantam dua bencana besar pada tahun 2014.  Christoph Mueller bergabung dengan perusahaan maskapai penerbangan Malaysia itu sejak 1 Januari 2015 menggantikan Ahmad Jauhari Yahya. Tugas utama Mueller adalah memperbaiki tingkat turnover perusahaan yang menurun dan membentuk tim fondasi manajemen yang kuat.

Pemutusan mendadak ini menimbulkan perdebatan sengit di Malaysia tentang kebijaksanaan sebelumnya dalam memilih expatriat atau tenaga asing untuk memperbaiki manajemen dan mengembalikan kejayaan maskapai nasional Malaysia. Di tengah masa perbaikan ini, banyak pihak sangat menyayangkan kalau posisi strategis ini diberikan lagi ke pihak asing. Hal ini dikarenakan Malaysian Airlines merupakan asset strategis nasional yang melibatkan bukan sekadar bisnis namun kebanggaan nasional negara tersebut.

CEO Malaysian Airlines Berhenti Lebih Awal
Bagaimana artikel ini menurut Anda?