Wisata macam apa yang sekarang dicari calon traveler?

APA yang sudah berhasil dicapai pada semester pertama 2016? Apa pun kondisinya, para pemasar travel sebaiknya memahami beberapa fakta mengenai keinginan dan perilaku wisatawan agar bisa menawarkan dan membuat paket perjalanan yang diminati.

Penelitian TripBarometer Ipsos atas nama TripAdvisor bisa menjadi dasar gambaran sebelum menawarkan paket perjalanan. Penelitian dilakukan dengan metode survei lebih dari 44.000 wisatawan dan pelaku bisnis perhotelan. Ada juga fakta kecenderungan prilaku dari generasi milenium dan Z, seperti diungkap trekksoft.com, startup asal  Swiss. Berikut hasil survei dari Ipsos dan analisa Trekksoft.

Mencari Pengalaman Baru

Secara global 69% wisatawan berencana mencoba hal baru pada 2016. 1 dari 5 wisatawan global ingin mencoba pelayaran, 17% mencoba perjalanan solo, dan 15%  ingin melakukan petualangan.

Layak Mendapatkan

Hasil survei menunjukkan 1 dari 3 wisatawan berencana menghabiskan anggaran lebih banyak untuk berwisata. Sekitar 49% akan melakukan hal tersebut karena dia dan keluarganya layak mendapatkan. Sekitar 31% mengatakan penting untuk kesehatan dan kesejahteraan.

Budaya & Penawaran Khusus

Secara global, 47% dari wisatawan mengatakan telah mengunjungi tujuan karena budaya dan orang-rang dari negara tertentu. Selain itu, 1 dari 5 wisatawan atau 21% memilih tujuan karena tertarik dengan penawaran khusus dari hotel.

AC & Wifi

Secara global, 63% wisatawan mengatakan ketersediaan air conditioner (AC) menjadi pertimbangan utama ketika memilih sebuah hotel. Lainnya mempertimbangkan sarapan, kolam renang, dan wifi di kamar. Khusus koneksi internet, 26% menyatakan penting mendapat akses sambungan supercepat dan 11% di antaranya bersedia membayar.

Reputasi Online

Sekitar 93% pelaku bisnis perhotelan menyadari pentingnya peran online bagi bisnis mereka. Area online menjadi fokus terbesar investasi, dibandingkan dengan 2015.

Beberapa Ciri Generasi

Generasi Milenial

  • Generasi yang lahir sekitar 1980 – 1990 ini disebut-sebut akan memegang peran utama sebagai konsumen pada 2017 ke atas (Frederic Gonzalo 2016).
  • Wisatawan usia 15-29 menyumbang sekitar 23% dari wisatawan global pada 2016 (WYSE 2016).
  • Generasi milenial mungkin belum seluruhnya kuat secara finansial, namun mereka memiliki banyak waktu untuk melakukan perjalanan (WYSE 2016).
  • Wisatawan di generasi ini relatif pemberani dan tidak menyerah pada masalah ekonomi, kerusuhan politik, dll. Jika ada peluang, mereka akan melakukan perjalanan, mendapatkan pengalaman, dan menyumbangkan tenaga (WYSE 2016).

 

Generasi Z

  • Saatnya mulai berpikir dan mengantisipasi kebutuhan generasi Z yang lahir sekitar awal 1990-an.
  • Generasi ini lebih konservatif dengan uang, namun tidak takut melakukan perjalanan untuk mendapatkan pengalaman (Travel Defining GANTI Megatrends 2016).
  • Memiliki aspirasi global dan menarik inspirasi dari seluruh dunia (dimuka Analytics 2015).
  • 8 detik adalah waktu bagi generasi Z untuk memroses informasi, sebelum mereka berpindah ke hal lain yang menarik. Fakta itu turun dari 12 detik pada tahun 2000 (Travel Defining GANTI Megatrends 2016).
  • Generasi ini menonton video di ponsel, dua kali lebih banyak dibandingkan dengan generasi lainnya (dimuka Analytics 2015).
  • 60% dari Gen Z ingin mengubah dunia, dibandingkan dengan 39% dari generasi milenium (dimuka Analytics 2015).

 

———

Foto: Pixabay.com


Also published on Medium.