Select Page

Festival Danau Sentani selalu menyajikan atraksi kolosal dan eksotis.

DARI tahun ke tahun, Festival Danau Sentani (FDS) selalu berlangsung meriah. Ribuan pengunjung dari dalam dan luar negeri datang ke acara tahunan yang digelar setiap Bulan Juni di Danau Sentani yang terbentang antara Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura, Papua. Tahun ini FDS akan berlangsung 19 hingga 23 Juni.

Promosi Pariwisata

Festival Danau Sentani merupakan festival seni budaya yang menampilkan perpaduan alam dan budaya asli wilayah Tabi (16 suku bangsa) yang dirangkai dalam Pesta Rakyat dan Pagelaran Seni Budaya. Event tersebut sudah terselenggara sejak 2007 dan terbukti efektif mempromosikan pariwisata sekaligus mempererat persatuan antarsuku di ‘Pulau Burung’.

Di event tersebut bisa disaksikan pagelaran seni budaya, karnaval, pameran benda seni, dan tour wisata. Salah satu pertunjukkan yang selalu dinanti-nanti adalah tari kolosal yang dilaksanakan di atas perahu dengan baju adat Papua. Selain itu, bisa disaksikan gema tifa kolosal, folk song, suling tambur, tari pergaulan, cerita rakyat, tari Yosim Pacar, musik suling tambur, dan lain-lain. Diselenggarakan pula fun bike, dayung, renang pawai budaya, dan sebagainya.

Festival Danau Sentani diikuti banyak paguyuban dan grup tari dari Kota dan Kabupaten Jayapura, serta luar Papua. Bagi para pecinta kerajinan tangan, pameran di even tersebut bisa menjadi surga. Aneka kerajinan khas Papua yang eksotis muncul mempesona. Para pengunjung juga bisa mengikuti tur wisata, antara lain mengelilingi Danau Sentani, danau terbesar di Papua dengan luas sekitar 110 km² dengan kedalaman 110 feet dengan 22 pulau. Selama berkeliling bisa menyinggahi pulau-pulau kecil dan 24 kampung yang mengelilingi danau, serta menyaksikan habitat fauna. Jangan lupakan petualangan kuliner khas Papua.

Kabupaten Jayapura memiliki Pegunungan Cycloops yang indah. Dari gunung itu muncul batu cicin seperti kaca denga berbagai warna mulai dari hijau, biru, hingga merah. Terdapat pula peninggalan sejarah Perang Dunia II yang pernah menjadi basis Tentara Sekutu Mc Arthur, juga peninggalan Tentara Jepang.

Pintu Masuk

Mencapai Jayapura tidaklah sulit. Kota dan kabupaten itu menjadi pintu masuk ke wilayah sekitarnya. Lama penerbangan dari Jakarta sekitar 5 jam 25 menit, dan dari Makassar sekitar 3 jam 30 menit.

Selain itu, lokasinya dekat dengan Benua Australia dan berbatasan dengan Papua Nugini. Dengan kendaraan darat hanya butuh waktu sekitar 2,5 jam menuju Papua Nugini. Kondisi geografis dan keterbukaan akses menjadi modal dan pendorong hadirnya ribuan wisatawan dari dalam dan luar negeri.

Untuk menyukseskan festival tahunan tersebut, Kementerian Pariwisata telah melakukan dukungan promosi sejak 2008. Pemerintah daerah juga telah melakukan kerjasama dengan biro-biro perjalanan di Jakarta, Bali, dan Makassa untuk menjual paket perjalanan terpadu Festival Danau Sentani. Selama ini, banyak wisatawan Eropa, khususnya dari Belanda. (D-1)

Tarian menyambut tamu di Festival Danau Sentani (dok. Kemenpar)

Tarian menyambut tamu di Festival Danau Sentani (dok. Kemenpar)

Festival Danau Sentani 2016
Bagaimana artikel ini menurut Anda?


Also published on Medium.