Select Page

KEMENTRIAN Pariwisata Indonesia akan segera luncurkan Aceh International Rapa’i Festival, yang rencananya akan diadakan tanggal 26-30 Agustus ini di Gedung Sapta Pesona, Jakarta.

Rapa’i adalah sebuah tradisi kesenian tari dan gendang yang berasal dari daerah Aceh. Kegiatan promosi wisata, kesenian & budaya propinsi Nangroe Aceh Darussalam (NAD) ini juga sejalan dengan konsep wisata halal atau halal tourism. “Halal tourism itu ada pasarnya, dan besar. Hampir sama dengan jumlah outbound Cina 100 juta orang setiap tahunnya,” ungkap Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya dalam keterangan tertulis dalam rilis pers Kemenpar.

Rapai Geleng Aceh (galleryaceh.blogspot.com)

Rapai Geleng Aceh (galleryaceh.blogspot.com)

Pemerintah Aceh mengharapkan dengan kegiatan Festival Rapa’i ini mampu menghidupkan aura Aceh. Kesan religius yang selama ini melekat hendaknya semakin mantap agar ke depan Aceh menjadi daerah tujuan wisata halal yang benar-benar bebas dari pengaruh budaya asing. Tentunya dukungan semua pihak dengan menjaga dan melestarikan seni budaya Aceh hal ini bisa dicapai.

“Untuk itu, beberapa komponen utama perlu menjadi perhatian dalam rangka menarik minat wisatawan untuk berkunjung dan menikmati keindahan alam dan budaya Aceh secara tepat sasaran baik kepada wisatawan nusantara maupun mancanegara,” ujar Gubernur Aceh, Zaini Abdullah.

Festival Rapa’i Aceh Internasional Segera Diluncurkan
Bagaimana artikel ini menurut Anda?