Select Page

Salah satu titik destinasi wisata yang terkenal di Yogyakarta adalah Kampung Alun-Alun yang kerap disebut Between Two Gates.

Yogyakarta, Kotamadya Magelang, dan Kabupaten Magelang menyimpan banyak objek wisata dan event seni budaya mengagumkan. Selain Borobudur dan Prambanan, masih banyak tersebar candi-candi kecil, pantai, gua, hutan, desa wisata, spot sunrise dan sunset, event seni serta budaya, hingga beragam aktivitas lain.

Between Two Gates

Inilah Wisata Terbaru Yogyakarta & Magelang

Kotagede  yang selama ini identik dengan kerajinan perak, sesungguhnya memiliki lorong-lorong yang menyenangkan untuk ditelusuri. Di ujung lorong selalu dijumpai deretan rumah tua dengan posisi berhadap-hadapan.

Salah satu poin yang terkenal adalah Kampung Alun-Alun yang kerap disebut Beetwen Two Gates. Di kampung itu berjajar pemukiman sambung-menyambung membentuk gang-gang yang sebenarnya adalah ruang milik pribadi, namun boleh digunakan untuk umum. Di papan informasi dijelaskan dengan istilah dalan rukunan (jalan kerukunan).

Inilah Wisata Terbaru Yogyakarta & Magelang

Foto : Destinasi Indonesia/Lintang    – Destinasi mural Kampung Alun-Alun

Pada 1986 tim peneliti arsitektur memunculkan istilah Between Two Gates, karena di dua ujung Kampung Alun-Alun bisa ditemui pintu gerbang. Berjalan di gang-gang kecil kawasan kota tua Kotagede, seakan kita diajak menaiki mesin waktu, kembali ke zaman dulu. Rumah-rumah tua berhadapan, berjajar bersih dan rapi. Sebagian dinding mendapat sentuhan mural yang menggambarkan banyak hal, keindahan, aktivitas sehari-hari, dsb.

Beberapa operator menawarkan paket-paket menarik, di antaranya House of Kotagede. Zunan, pemilik operator tersebut, menggabungkan penjelajahan kota tua dengan beragam aktivitas, antara lain mengunjungi pasar tradisional, melihat pembuatan kue khas Yogyakarta, ikut beraktivitas di sawah, keliling desa, dsb.

Inilah Wisata Terbaru Yogyakarta & Magelang
3.5 (70%) 2 votes