Select Page

Menikmati pendakian dan udara segar, melihat matahari terbit dengan latar belakang Gunung Merapi adalah hanya sekelumit dari ragam aktivitas yang ditawarkan di Magelang.

Gunung Tidar bisa didaki  dari tengah Kota Magelang. Gunung yang dipercaya sebagai pakunya tanah Jawa (terletak di tengah-tengah pulau Jawa) itu selalu ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah yang ingin berziarah ke makam Syekh Subakir, Kyai Sepanjang, dan Kyai Ismoyo (Semar). Keramaian meningkat saat masuk Bulan Syaban, Ramadan, dan Syawal.

Mengapa Gunung Tidar dikenal sebagai Pakunya Tanah Jawa? Secara geografis letaknya memang di tengah Pulau Jawa dan di tengah Kota Magelang. Di Lembah Tidar itulah Akademi Militerberdiri, menjadi kawah candradimuka yang mencetak perwira pejuang. “Filosofinya, jika sampai militer terpecah belah, negara kesatuan kita bisa hancur,” papar Hartoko, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata Kota Magelang.

Aktivitas

Kabupaten Magelang punya beragam aktivitas wisata di antaranya:

Puthuk Setumbu

Dusun Kerahan, Desa Karangrejo, Borobudur, Magelang  Ini adalah lokasi paling populer untuk melihat matahari terbit yang melingkupi Candi Borobudur dengan latar Gunung Merapi, Merbabu. Wisatawan dan penggemar fotografi rela bangun sebelum subuh agar mendapat tempat paling strategis untuk menyaksikan keindahan. Bulan Juni- Juli adalah waktu paling tepat. Saat itu, sinar matahari pagi seakan membentuk cincin di atas Candi Borobudur.

Jelajah Gunung Tidar

Batik Tingal

Tingal Kulon, Desa Wanurejo, Borobudur, Magelang, Jawa TengahTelp: 0815787727.

Batik Tinggal Jelajah Gunung Tidar

Jajan tradisional, nasi megono, dan teh manis selalu menemani tamu yang datang ke Batik Tingal, Desa Wanurejo, Kabupaten Magelang. Di tempat ini wisatawan bisa belajar membatik hanya dengan biaya Rp20 ribu, termasuk satu lembar kain batik seukuran saputangan besar.

Paket yang kini digemari wisatawan nusantara dan asing antara lain menggabungkan kegiatan membatik, gerabah, pensil gaul, sepeda onthel, dan menginap di rumah penduduk (homestay) seharga Rp300 ribu.

Gerabah Arum Art

Banjaran 1, Klipoh, Desa karanganyar, Borobudur Telp: 085927452964

Gerabah Arum Art menawarkan pengalaman dan pengetahuan dasar membuat gerabah dengan alat tradisional putar. Anak sekolah dikenai biaya Rp15 ribu dan wisatawan Rp20 ribu.

Rumah Kamera

Majaksingi 8 Borobudur, Magelang Telp: 08192286168 / 082174033068

Kabupaten Magelang punya Rumah Kamera. Di tempat itu, wisatawan bisa beraksi, berfoto 3 dimensi dalam beragam aktivitas. Ada sekitar 30 model foto yang bisa digunakan, mulai dari sayap malaikat, terbang di atas New York, tembok China, pose dilukis, rumah kaca, menjadi astronot, dsb. Terdapat juga lukisan karya Tanggol Angien Jatikusumo dan pelukis lain.

Jelajah Legenda Gunung Tidar
Bagaimana artikel ini menurut Anda?