Select Page

“Saya suka Yogyakarta, Bandung, dan Bali. Jogja memunyai kuliner yang begitu khas. Kalau Bali tentu saja dengan keindahan alamnya yang selalu menggoda orang untuk kembali.”

PENYANYI bersuara khas dengan lirik-lirik lagu indah itu, masih sibuk show solo mau pun bersama bandnya, KLa Project. Katon Bagaskara juga sedang fokus meracik cerutu, bisnis yang dia jalani bekerja sama dengan perusahaan pembuat cerutu asal Yogyakarta. Katon meriset dan mencari sendiri bahan gulungan tembakau untuk menjaga kualitas. Ayah tiga orang anak yang gemar mengisap cerutu itu, menggeluti bisnis yang diberi label Cerutu Bagaskara. Dia membuat cerutu berdasarkan pesanan, meracik sendiri supaya mendekati rasa cerutu Kuba yang dianggap memiliki kualitas terbaik, namun menggunakan tanaman asli Indonesia. Lalu, bagaimana tanggapannya mengenai pariwisata Indonesia?

Suka traveling?
Suka.

Tujuan favorit?
Traveling yang saya lakukan biasanya sekaligus dengan show ke berbagai daerah di Indonesia. Namun, tempat favorit dan yang paling saya kenal adalah Jogja, Bandung, dan Bali. Bagi saya, Jogja memunyai kuliner yang begitu khas. Kalau Bali tentu saja dengan keindahan alamnya yang selalu menggoda orang untuk kembali.

Paling banyak pengeluaran saat traveling untuk apa?
Karena saya suka dengan berbagai macam kuliner, maka saya menghabiskan uang paling banyak untuk makan. Selain itu, juga untuk mencari tempat nongkrong yang bisa berlama-lama sambil menikmati keindahan alam. Tentunya dengan fasilitas yang menunjang, sehingga membuat nyaman untuk berlama-lama.

Pendapat Anda tentang pariwisata Indonesia?
Menurut saya masih banyak daerah-daerah di Indonesia yang perlu dibantu infrastrukturnya. Itu faktor yang sangat menentukan kenyamanan dan kemudahan para turis untuk menikmati lokasi-lokasi pariwisata unggulan. Fasilitas memadai seperti hotel yang bersih, transportasi yang aman, dan kafe, juga juga perlu ditingkatkan karena sangat berpengaruh dalam mewujudkan wajah pariwisata Indonesia.

Harapan untuk pariwisata Indonesia?
Saya berharap pariwisata Indonesia semakin maju dan berkembang dalam hal fasilitas dan infrastrukturnya, agar tidak tertinggal dengan negara lain. Terus diperbaiki dan semakin didukung secara maksimal oleh pemerintah, supaya turis-turis yang datang pun nyaman dan membawa kesan baik ketika pulang ke negaranya. (CH/D-1)