Select Page

Kedai jamu yang satu ini mesti dicoba. Tempatnya menyenangkan dan digemari semua kalangan yang datang dari berbagai status ekonomi.

DI SALEMBA Tengah, Jakarta Pusat, ada tempat minum jamu kuno yang sudah berdiri sejak 1950. Jamu Bukti Mentjos menawarkan tempat minum jamu yang asyik, sederhana, bersih, luas, didominasi kursi kayu panjang yang mengelilingi ruang bagian tengah berisi deretan jamu dan tempat penyeduhan. Di depan kursi terdapat meja panjang untuk meletakan seduhan jamu dan beberapa makanan kecil.

Jamu Bukti Mentjos didatangi pembeli dari berbagai status ekonomi. Mulai dari tukang ojek sampai pelanggan bermobil. Ada yang minum jamu di tempat, ada juga yang membeli jamu untuk dibawa pulang.

Tempatnya tidak sulit ditemukan. Tanya saja pada tukang parkir sampai penjual ketoprak di pinggir jalan Salemba. Bisa dipastikan hampir semua tahu lokasi Jamu Bukti Mentjos. Horatius Rumuli, pemilik generasi tiga ingin menjadikan jamu sebagai tuan rumah di negeri sendiri. Itu sebabnya, dia terus mempertahankan usaha jamu turun-temurun itu.

Jamu Menjos bermula di Solo

Jamu Bukti Mentjos bermula di Solo pada 1940-an. Kemanjuran ramuan keluarga Romuli dikenal dari mulut ke mulut. Pada 1950 mereka pindah ke Jakarta. Peramuan dilakukan di Ibu Kota, namun bahan-bahan didatangkan dari Solo. “Kami tetap mengambil dari pengumpul bahan jamu di Solo yang sudah menyuplai dari zaman kakek. Kualitasnya lebih terjaga dan kami memelihara rasa saling percaya,” papar Romuli.

Soal khasiat, Romuli memersilakan untuk membuktikan sendiri. Selain jamu, sebagai pendamping disediakan aneka bubur, mulai dari ketan hitam, biji salak, kacang hijau, kolak, ronde, hingga bubur ayam. Tertarik? (D-1)

Berbagai produk Jamu Bukti Mentjos (foto: Lintang Rowe)

Berbagai produk Jamu Bukti Mentjos (foto: Lintang Rowe)

———

Jamu Bukti Mentjos, cabang Salemba
Jl Salemba Tengah No 48, Jakarta Pusat
(021) 3908645
Buka pukul 09.00 – 21.30
Harga satu gelas jamu mulai Rp20.000

Kedai Jamu Bukti Mentjos
4 (80%) 1 vote


Also published on Medium.