Select Page

Kabupaten yang satu ini memiliki keindahan alam tiada dua. Gua, sungai bawah tanah, dan rangkaian pantai yang menyuguhkan keindahan berbeda-beda.

Gunung Kidul wajib dijelajahi. Kabupaten yang akrab dengan berita kekeringan itu punya banyak objek wisata alam yang sebagian besar dikelola masyarakat lewat Kelompok Sadar Wisata.

Pantai Nglambor

Pantai Nglambor Keindahan Gunung Kidul

Pantai Nglambor merupaka salah satu pantai yang sedang hip di media sosial. Disebut sebut sebagai salah satu dari dua pantai di Gunung Kidul yang bisa digunakan untuk snorkeling. Sebagian besar pantai di Gunung Kidul berombak tinggi – khas pantai selatan – hingga berbahaya untuk snorkeling, apalagi menyelam.  Aktivitas sangat tergantung pasang surut air laut. Memakai pelampung wajib dilakukan, meski hanya berenang atau bermain air. Pelampung dan peralatan snorkeling lainnya disewakan Rp35 ribu.

Kontak yang bisa dihubungi:

Yoyok (081904220766), Sunarto (081227076496)

Gunung Api Purba

Gunung Api Purba Pantai Nglambor Keindahan Gunung Kidul

Kawasan Ekowisata Gunung Api Purba Nglanggeran, Yogyakarta, menawarkan pemandangan indah dan beragam aktivitas wisata. Gunung itu sempat aktif 30 – 60 juta tahun lalu itu, kini meninggalkan bongkahan batu besar yang jadi tempat favorit menikmati matahari terbit dan terbenam.

Di puncak Nglanggeran hidup tujuh keluarga yang tetap setia menjalankan adat-istiadat. Nglanggeran juga memiliki air terjun, Pohon Teramas yang getahnya dipercaya bisa menyembuhkan penyakit. Sumber Mata Air Comberan yang tidak pernah kering dan dianggap sakral, kebun buah, dan beragam kegiatan outbond yang dikemas menarik oleh Kelompok Sadar Wisata setempat. Harga paket yang ditawarkan beragam, tergantung jenis aktivitas dan lama tinggal di homestay atau pun pilihan camping. Rentang harga antara Rp100 ribu hingga Rp650 ribu perorang.

Kontak:

Sugeng Handoko 081802606050

Aris Budiyono 081804138610

Gua Jomblang

Gua Jomblang Gunung Api Purba Pantai Nglambor Keindahan Gunung Kidul

Selain Gua Pindul, belakangan Gua Jomblang di Kabupaten Gunung Kidul ramai dibicarakan. Lokasinya di Jetis Wetan, Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunung Kidul atau sekitar 1,5 jam dari Kota Yogyakarta. Jalan menuju daerah itu belum sepenuhnya beraspal. Gua Jomblang berjenis vertikal, sehingga ketika masuk harus turun dengan tali.

Peralatan telusur gua, termasuk pengaman, harus dikenakan. Jomblang Cave merupakan operator yang menjalankan telusur gua tersebut. Peserta yang tertarik dikenai biaya Rp 450 ribu dengan minimal pembelian dua paket, sudah termasuk semua peralatan telusur gua, pemandu, asuransi, dan makan siang.

Spot Ryadi

Spot Riyadi Gua Jomblang Gunung Api Purba Pantai Nglambor Keindahan Gunung Kidul

Yogyakarta memiliki banyak spot untuk menyaksikan matahari terbit dan tenggelam. Salah satu yang saat ini diminati, terutama oleh penggemar fotografi adalah Spot Riyadi. Dari ketinggian bisa dilihat hamparan pemandangan, Candi Prambanan, sawah, rumah, pabrik, hingga lintasan kereta api.

Desa Wisata Sidoakur

Desa Wisata Sidoakur Spot Riyadi Gua Jomblang Gunung Api Purba Pantai Nglambor Keindahan Gunung Kidul

Desa Wisata Sidoakur terletak di Sidokarto, kecamatan Godean, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. “Kami membuat beragam produk (reduce, reuse, recycle) yang laku dijual,” jelas Jayuri selaku ketua Desa Wisata Sidoakur. Wisatawan bisa menikmati pertunjukan dan ikut aktif belajar membuat kerajinan daur ulang, bambu, topeng dari sabut kelapa, budi daya ikan, dll dengan biaya antara Rp15 ribu hingga Rp20 ribu perkegiatan, perorang. Tamu dapat menginap di rumah warga.

Desa Wisata Grogol

Desa Wisata Grogol Desa Wisata Sidoakur Spot Riyadi Gua Jomblang Gunung Api Purba Pantai Nglambor Keindahan Gunung Kidul

Sejak dulu, Desa Grogol, Sleman, Yogyakarta memiliki keahlian membuat wayang kulit dan memainkan beragam kesenian seperti karawitan, jathilan, keroncong, cokekan, campursari, dll yang diwarisi turun-temurun. Mereka tidak pernah menyangka, kehidupan sehari-hari bisa menarik minat wisatawan.

Pada 2010 masyarakat membentuk Desa Wisata Grogol. Mulailah wisatawan datang mengikuti beragam kegiatan seperti membuat genting, menatah wayang kulit, membuat gamelan, batik, dan sebagainya. Grogol,

Kontak:

Bugiman 085827442790 Godean KM 8, Jethak II, Sidokarto, Godean, Sleman, Yogyakarta

Kontak:

Andi 081804241242

Keindahan Gunung Kidul Yang Wajib Dijelajahi
Bagaimana artikel ini menurut Anda?