JIKA berada di Kepulauan Togean, hidangan laut jelas menjadi favorit. Tapi jika berada di Ampana, Ibu Kota Kabupaten Tojo Una-Una, pilihan makanan tradisionalnya luar biasa banyak, meski penjualnya sangat terbatas. Kedai Oke Food salah satu tempat yang menyediakan menu khas kabupaten tersebut. Kedai rumahan itu bukan hanya menawarkan makanan lezat, tetapi juga suasana kekeluargaan yang menyenangkan.

Bentuk bangunan Kedai Oke Food tidak istimewa, menempati halaman depan dan samping rumah, dengan konsep meja kursi dan lesehan di bagian beranda. Namun, suasananya hangat, dan yang terpenting makanannya enak. Di tempat itu, Anda bisa memesan banyak makanan khas Tojo Una-Una. Ragamnya luar biasa dan sebagian menunya ramah untuk penganut vegetarian. Selain itu, bahan utamanya seringkali tak terduga. Di antaranya menu gami, semacam urap tapi terbuat dari batang muda pohon pepaya. Rasanya luar biasa.

Jika ingin menikmati makanan khas Tojo Una-Una, berikut beberapa menu yang mesti dicoba. Pesanlah sinole (sagu dan parutan kelapa mengkal) yang biasanya disantap bersama ikan bakar dan dabu-dabu. Ada juga lokapeso (pisang mentah rebus dan parutan kelapa mengkal) pasangannya bisa ikan bakar atau nike duo saus (ikan kecil-kecil khas Tojo Una-Una). Coba juga konisa jole (nasi jagung), biasanya dimakan dengan uta kelor (sayur daun kelor) dan nike dua saus. Selain itu masih banyak menu-menu menantang lainnya.

Silakan bertanya langsung pada Ibu Yayuk, pemilik Oke Food. Dengan senang hati dia akan merekomendasikan masakan khas Tojo Una-Una. Jika ingin tahu bahan yang digunakan, jangan ragu bertanya. Dengan senang hati pula, dia akan menjelaskan dengan rinci. Di Oke Food, lengkap sudah yang didapat. Perut kenyang, pengetahuan tentang kekayaan kuliner Indonesia pun bertambah. (D-1)