Select Page

SEJAK SMA, Kadek Arini sudah gemar menulis blog. Awalnya berisi tumpahan pikiran, mulai dari makanan, produk kecantikan, tempat makan, dan masih banyak lagi. Dia memulai karier sebagai travel blogger pada 2009. Dia merasa beruntung bisa bepergian ke banyak tempat menarik, karena itu ingin membagi hal positif, mengedukasi, dan menginspirasi pembaca blog dan pengikut media sosialnya. Kini, dia tengah memersiapkan perjalanan ke beberapa tempat di Eropa. Berikut beberapa pendapat Kadek Arini tentang pariwisata Indonesia.

Destinasi Indonesia favorit?
Setiap kali traveling saya selalu mencari tempat-tempat tenang dan pemandangan lanskap yang indah karena saya percaya traveling for healing. Menurut saya Flores memiliki pemandangan yang mengesankan dan Sumba memiliki banyak tempat tersembunyi yang indah.

Nilai penting apa yang bisa diambil saat traveling?
Pergi ke tempat-tempat baru dan asing biasanya membuat kita belajar dan menyesuaikan dengan budaya setempat. Pergi ke negara-negara lebih maju, membuat kita lebih pintar karena mengetahui hal-hal baru. Traveling menurut saya juga membuat orang lebih down to earth sebab bertemu dan belajar dari orang-orang dan hal-hal baru membuat kita juga menghargai tiap kesempatan yang ada.

Pengalaman mengesankan saat traveling?
Saat ke naik gunung Rinjani di mana 5 hari perjalanan harus ditempuh melalui hutan dengan keadaan yang serba terbatas dan begitu menyatu dengan alam. Di sana pun tidak ada sinyal sama sekali, sehingga membuat saya memiliki quality time dengan berinteraksi bersama orang-orang terdekat dan menikmati alam lebih intim lagi. Situasi bertahan hidup seperti itu menurut saya sangat mahal dan jarang bisa ditemui pada kehidupan kota setiap hari.

Bagaimana pariwisata Indonesia sekarang?
Saya sangat senang karena promosi pariwisata Indonesia telah banyak berkembang. Namun agak disayangkan karena masih kurang informasi mengenai akses, akomodasi, transportasi, dan budget untuk ke tempat-tempat cantik di Indonesia. Saya sangat mengapresiasi dengan terobosan kemenpar mengundang para blogger internasional untuk berbagi pengalaman dimana saya menjadi salah satu perwakilan dari blogger Indonesia.

Saran untuk pariwisata Indonesia?
Karena banyaknya tempat wisata di Indonesia yang adventurous, maka sangat diperlukan perbaikan infrastruktur yang menurut saya sekarang belum merata. Selain itu saya berharap makin diperbanyak informasi mengenai destinasi. (CH/D-1)