Select Page

Inilah warung kopi tertua di Batavia yang berdiri sejak 1878, Kopi Warung Tinggi.

AWALNYA, Kopi Warung Tinggi adalah warung makan yang terletak di Jalan Tangki Sekolah no 26, kawasan Mangga Besar, Jakarta Barat.

“Sehabis makan, biasanya orang melanjutkan dengan minum kopi. Pada akhirnya, kopi di Warung Tinggi menjadi lebih menonjol dibandingkan dengan makanannya,” papar Ruddy Wijaya, pewaris generasi keempat. Pada masa kolonial, Tek Soen Ho, kakek buyut Ruddy mendapat suplai biji-biji kopi dari ibu-ibu yang menjual kopi dengan cara menyunggi bakul di atas kepala. Kini, biji kopi didapat dari impotir lokal dengan berbagai standar yang sudah ditetapkan. ‘Lebih mudah untuk menjaga kualitas,” terang Ruddy.

Sampai sekarang, lokasi Warung Tinggi masih dipertahankan. Hanya saja, tidak lagi berfungsi sebagai tempat minum kopi, tetapi berubah menjadi tempat nge-blend kopi yang kemudian dijual sesuai kebutuhan pembeli, baik dalam bentuk biji mau pun bubuk. Keterbatasan lahan menurut Ruddy tidak lagi memungkinkan untuk menampung pembeli yang ingin minum di tempat.

Kopi Warung Tinggi, di Grand Indonesia

Kopi Warung Tinggi cabang Mangga Besar

Di lokasi awal, Mangga Besar (foto: arsip Destinasi Indonesia)

Lalu, ke mana jika kita ingin menikmati racikan Kopi Warung Tinggi yang legendaris itu? Datanglah ke Mal Grand Indonesia. Di sana, Warung Tinggi berdiri unik, menggabungkan nuansa modern dan tradisional. Kopi tubruk tetap menjadi andalan, namun bisa dipesan pula berbagai minuman berbahan dasar kopi dengan racikan modern. Sebagai teman minum, tersedia aneka panganan tradisional seperti kue cubit. “Untuk makanan kami bekerjasama dengan banyak pedagang kaki lima. Hanya saja, kualitas bahan yang digunakan ditingkatkan,” ujar Ruddy.

Untuk menjaga kualitas rasa, sampai sekarang Ruddy masih menangani sendiri seluruh racikan kopi di Warung Tinggi. Resepnya diperoleh secara turun-temurun dan berdasarkan survei kepuasan pembeli. Ruddy ingin lebih mengenalkan kopi Indonesia lewat Warung Tinggi. Dia juga ingin lebih banyak orang tahu betapa kayanya kopi Nusantara. (D-1)

———

Warung Tinggi/Koffie Warung Tinggi
Alamat peracikan : Jl Tangki Sekolah No 26,
Jakarta Barat
(021) 6256843 / 6256875
Alamat penjualan : Grand Indonesia West Mall Lt 5
Jl MH Thamrin No 1, Jakarta Pusat
(021) 23580312
Buka: 10.00 – 22.00

Website: www.opco-indonesia.com
Facebook: www.facebook.com/koffiewtOPCO


Also published on Medium.