Select Page

Jangan khawatir untuk mulai menjelajahi kawasan Kaimana. Walau belum prima sempurna, cukup ada restoran dan hotel untuk melayani kebutuhan.

Kuliner

MAKANANKAIMANA-WEB

MAKANAN laut jelas menjadi keistimewaan Kaimana. Bahan mentah sea food bisa diperoleh dengan harga sangat murah. Namun jika sudah diolah dan disajikan di rumah makan, harga meningkat beberapa kali lipat.

Ikan Bakar Kroy Indah Pak Daeng Kumis yang terletak di kawasan Kroy, Kaimana mesti dicoba. Ikannya segar dan setelah dibakar tidak tercium bau amis. Sebagai teman makan ada sambal colo yang nikmat. Sebagai teman minum, cobalah es jeruk nipis atau jeruk nipis panas.

Di malam hari, para penyuka sea food bisa datang ke kawasan Megaria. Sebuah tanah lapang yang dipenuhi kios makanan di malam hari. Selain sea food tersedia pula jenis makanan lain mulai dari ayam, bebek, hingga nasi goreng. Ada juga warung-warung yang menjajakan sate rusa dan sapi.

Hotel

HOTELKAIMANAWEB

Ada cukup banyak penginapan di Kaimana. Hotel Kaimana Beach tergolong lumayan, sedangkan lainnya berupa penginapan-penginapan kecil. Berikut beberapa penginapan di Kaimana:

1. Hotel Kaimana Beach (bangunan baru)
Letaknya di pinggir pantai. Setiap kamar memiliki teras, salah satu sisinya langsung menghadap ke pantai. Harga sekitar Rp550.000/malam. Telp: 0957 21243

2. Bicari Hotel
Jalan Yos Sudarso, Kaimana, Telp 0957-21373

3. Diana Hotel
Jl Trikora, Kaimana, Telp 0957 21888

4. Nirmala Hotel
Jl Brawijaya, Telp 0957 21230

Akses

BANDARAKAIMANA-WEB

  • Dari Jakarta, Kaimana bisa ditempuh lewat jalur udara dan laut.
  • Belum ada pesawat yang langsung terbang ke Kaimana. Paling praktis transit di Ambon baru ke Kaimana. Harga tiket sekitar Rp3-4 juta sekali jalan (Jakarta-Kaimana)
  • Kapal laut jadi pilihan lain dengan harga termurah sekitar Rp800 ribu. Lama perjalanan kurang lebih enam hari.
  • Long boat menjadi salah satu sarana untuk menjelajahi pulau-pulau, selat dan teluk di Kaimana. Harga sewanya lumayan mahal. Sebagai gambaran, dari Kaimana menuju Teluk Triton sekitar Rp5 juta pulang pergi. Dari Kaimana menuju Pulau Penyu sekitar Rp7 juta.
  • Angkutan umum banyak beroperasi di Kaimana. Namun, menyewa mobil menjadi cara paling efektif menjelajahi Kaimana. Tanyakan pada petugas hotel jika ingin menyewa kendaraan.

Tips

  • Pergi berombongan sangat disarankan untuk menghemat biaya menjelajahi pulau-pulau di Kaimana. Rata-rata long boat berkapasitas 8 orang.
  • Pilihlah long boat yang memiliki fasilitas keamanan, life jacket dan pelampung.
  • Pandai-pandailah melakukan tawar-menawar sewa kapal, tapi jangan lupa untuk mempertimbangkan segi keamanan dan juga layanan yang diberikan. Misalnya, apakah pemilik kapal juga menyediakan jenset jika ingin menginap, apakah mereka membantu mencarikan rumah penduduk yang bisa diinapi, apakah mereka juga menyediakan juru masak, dsb.
  • Perhatikan bulan kedatangan. Jika ingin melihat Festival Senja, datanglah di Bulan Oktober. Jika ingin menyaksikan Sasi Nggama, datanglah di Bulan November hingga April.
  • Jika ingin menyusuri perairan Kaimana dan keindahan Triton, hindari perjalanan di Bulan Juni hingga Oktober. Saat itu bertiup angin timur dengan gelombang tinggi.
  • Sekali makan di Kaimana sekitar Rp35 ribu hingga Rp50 ribu.
  • Persiapkan kondisi tubuh untuk melakukan penjelajahan di Kaimana.
  • Persiapkan obat-obatan pribadi. (Teks & Foto: Lintang Rowe)

Also published on Medium.