Select Page

Nasi hangat, sambal, ayam bakar dan taburan bawang goreng renyah, dijamin akan membantu membangkitkan semangat beraktivitas.

MAKAN apa di Probolinggo, Jawa Timur? Rumah Makan Ayam Bakar Bawangan salah satu yang direkomendasikan. Pemiliknya Joko Prastiyanto dan sang istri berkolaborasi menciptakan berbagai menu. Sebelum membuka rumah makan, Joko bekerja di bidang industri pangan, sedangkan istri berlatar belakang pendidikan teknologi pangan.

“Kami berdua menyukai kuliner dan melakukan uji coba resep sebelum membuka rumah makan ini pada 2007. Menunya terilhami potensi bawang merah di Probolinggo. Sebelumnya kami mengembangkan produk bawang goreng krispi dan kini digabung dalam sajian menu,” paparnya.

Apa keistimewaan ayam goreng bawangan? Tentu di cita rasa. Ayamnya empuk dan gurih, ditambah taburan bawang goreng krispi. Rahasianya, Joko selektif memilih bahan baku dan bumbu. Untuk ayam menggunakan ayam kampung kecil (baby chicken), sedangkan bumbu untuk rebusan dipilih yang segar, sebelum akhirnya dibakar dengan olesan mentega.

Cita rasa yang tidak mengecewakan juga dijumpai di menu-menu lain. Bebek goreng dan bakar yang ditawarkan pun memuaskan lidah. Empuk dan gurih. Paduan lalap serta pilihan sambal seperti sambal mentah dan tomat kian menambah nikmat. Jangan lupa pesan juga ikan wader dan belut goreng.

Terobosan dan cita rasa yang ditawarkan membuat ayam goreng bawangan memiliki pelanggan setia dan juga digemari wisatawan. Banyak yang memesan dibungkus, untuk acara, atau makan di tempat.“ Belakangan ini, selalu saja ada wisatawan Nusantara dan asing yang datang ke sini,” ujar Joko.

Ke depan, Joko dan istri memiliki rencana mengembangkan sayap. Dalam waktu dekat akan membuka cabang di kawasan Bromo, dan saat ini sedang memikirkan untuk memulai bisnis waralaba. (D-1)

Rumah Makan Ayam Bakar Bawangan
Jl Raya Drigu No 5 (depan Pasar Bawang),
Probolinggo, Jawa Timur
Telp: (0335) 4430725 / 08123491287
Jam Buka: 07.00 – 22.00

Lezatnya Ayam Bawangan
1 (20%) 1 vote


Also published on Medium.