Berwisata tidak perlu mahal. Cari dan saring informasi, kemudian jalani dengan suka cita bersama keluarga.
DIBUKANYA tol Cipali tahun lalu menjadi momen istimewa keluarga Vonny Lumowa berlibur. “Setiap tahun keluarga saya memang selalu jalan-jalan. Kami suka keliling Indonesia karena  memiliki kekayaan wisata luar biasa, mulai dari alam hingga kuliner. Itu sebabnya, bersenang-senang, dan berburu kuliner jadi kegiatan wajib  tahunan,” ungkap Vonny Lumowa.
edisi 18 liburan keluarga 4
Juli lalu, Vonny menggunakan mobil pribadi melewati Tol Cipali untuk berlibur ke Slawi, Batang, Semarang, Solo, dan Klaten. Dengan berkendaraan, menurut Vonny perjalanan lebih santai bisa mampir ke banyak tempat dan tentu lebih hemat. “Saya jauh-jauh hari browsing dan bertanya pada teman beragam informasi. Liburan kemarin lebih istimewa karena keluarga besar ikut baik keluarga inti, keluarga adik-adik, dan kedua orangtua kami,” tambah Vonny.

Minggu pagi, setelah selesai sarapan, Vonny berangkat dari rumah menuju Tol Cipali Jarak tempuh Jakarta – Cirebon yang biasanya memakan waktu sekitar empat hingga lima jam,  ternyata bia ditempuh dalam waktu 2,5 jam saja. Padahal, kecepatan mobil  di bawah 100 km perjam.
edisi 18 liburan keluarga 2
Kolam Renang Istimewa
Dari Cirebon, perjalanan  dilanjutkan ke Semarang. “Kami memilih satu hotel setelah mendapat referensi dari internet. Hotel itu memiliki fasilitas infinity pool, kolam renang yang tepiannya tidak berbatas hingga seperti menyentuh cakrawala,” jelasnya.
Kegiatan tak dilewatkan adalah petualangan kuliner. Mereka pergi ke Simpang Lima dan mencoba nasi ayam, lumpia semarang, dan lainnya. Tidak ketinggalan mereka  mencoba naik becak dan sepeda hias di alun-alun.
Hari kedua Vonny dan keluarganya berangkat menuju Kawasan Unggaran. Selain menyambangi, Umbul Sidomukti menjadi destinasi sasaran berikut. Tempat wisata itu memiliki fasilitas cukup lengkap. Tidak hanya kolam renang, tetapi juga lokasi outbond yang sangat luas. Flying fox-nya memiliki lintasan sepa jang 110 meter dengan ketinggian 70 meter lebih.  Harga tiket masuknya murah, hanya Rp8.000.
edisi 18 liburan keluarga 3

Berenang Bersama Ikan

Puas bermain, kami melanjutkan perjalanan ke Solo. Mengapa Solo? Sederhana saja, keluarga besar Vonnya menyukai nasi liwet dan tengkleng. Makan malam di Solo, tentu saja menu nasi liwet. Selain itu,mereka mencicipi martabak delapan rasa milik anak Presiden Jokowi.

“Kota selanjutnya Klaten yang menjadi  tujuan utama liburani kali ini.  Di kota kecil ini kami mengunjungi Umbul Ponggok, lokasi permandian alam yang sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Begitu sampai di lokasi, kesan pertama sama sekali tidak menarik. Namun saya salah duga,” katanya tertawa.

edisi 18 liburan keluarga 5

Ternyata tempat ini istimewa karena menjadi surga bagi perenang  pemula yang ingin sekali menikmati pemandangan bawah air. Tanpa harus mengeluarkan banyak biaya, keluarga Vonny bisa melihat puluhan jenis ikan air tawar yang bebas berenang. Bukan hanya itu, Umbul Ponggok tempat yang asyik bagi siapa pun yang suka berfoto ria dengan berbagai benda sewaan.

Perjalanan  dimulai kembali dan akhirnya tiba di Taman Safari Batang. Info yang kami dapat, di sini kita bisa berenang bersama lumba – lumba. Tapi sayang tidak dapat mereka lakukan karena mereka tiba terlalu sore dan belum membuat janji. Sore sebelum matahari tengelam, Vonny menuju  kota Slawi. Lokasi permandian air panas Guci menjadi tujuan berikut sebelum ke Jakarta. “Perjalanan lima kota di Jawa Tengah ini menjadi pengalaman mengesankan. Rencananya kami akan berlibur lagi, namun belum tahu tujuannya. “

Also published on Medium.