sumber: dok destinasi indonesia

ANDA memiliki penyakit kulit atau sejenisnya? Cobalah datang ke air terjun Semolon. Banyak yang percaya dengan berendam diri di air hangatnya, berbagai macam penyakit kulit dan penyakit lainnya bakal lenyap.

Lokasi wisata air Terjun Semolon ada di Desa Paking, Kecamatan Metarang, Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara. Panorama objek wisata ini masih asli nan indah serta asri. Sesampai di lokasi air terjun, terlihat lapangan rumput luas dengan bangunan saung besar dengan hiasan tameng dayak yang menempel pada fondasi dinding berupa teras halaman.

Belum ada biaya ketika menginjak kaki di air terjun Semolon. Namun, ada salah satu warga yang membangun gubuk kecil untuk menjaga kebersihan dan keasrian kawasan air terjun. Pengunjung bisa membayar uang kebersihan seikhlasnya sekaligus menitipkan kendaraan tepat di sebelah gubuk tersebut.

Terdapat jembatan berwarna merah yang kokoh menuju air terjun di atas sungai kecil. Dari jembatan merah itu air terjun bertingkat rendah sudah dapat terlihat dengan indahnya serta suara deru air. Di sekitar lokasi air terjun terdapat saung kecil dan papan informasi untuk tidak melakukan hal yang dapat merusak keasrian air terjun.

Pemandangan air terjun sangat unik. Panorama batu alam tersusun bertangga sebanyak 9 (sembilan) tingkat dan setiap tangga membentuk kolam untuk berendam. Sumber air terjun ini mempunyai dua mata air. Sebelah kiri terasa dingin, sedangkan sebelah kanan terdapat sumber air yang panas. Hangatnya air yang mengalir mempunyai khasiat untuk kesehatan kulit dan menambah stamina.

Fasilitas yang disediakan di sini adalah cottage yang bisa digunakan untuk menginap dan juga toilet bersih yang dapat digunakan untuk MCK. Pengunjung bisa menikmati udara segar dan tarian khas dayak.

Kawasan lapangan ini berada di tengah hutan, maka tak heran pengunjung dapat bertemu hewan satwa seperti kera, tupai, dan burung berwarna-warni.

Selain dapat menikmati air hangat, di tempat ini juga bisa melakukan aktivitas arum jeram sebagai daya tarik bagi wisatawan. Selain itu, di sini juga sering dijadikan tempat untuk sesi fotografi karena memang tempatnya yang sangat unik dan menarik apabila dijadikan latar belakang dari sebuah foto.

Rencananya, dinas pariwisata setempat akan membangun sejumlah fasilitas tambahan seperti arena permainan anak, outbound, arena bersepeda, dan fasilitas lainnya.

Perjalanan

 Lokasi air terjun Semolon berjarak sekitar 44 km dari Kota Malinau.  Untuk mencapai air terjun ini dibutuhkan waktu sekitar 3 jam perjalanan dari Ibu Kota Malinau. Di kota ini pengunjung dapat melihat lebatnya hutan di tanah perbatasan Kalimantan Utara dan Malaysia, selain tentu saja sungai yang sangat lebar.

Kondisi jalan aspal dari Malinau ke lokasi air terjun memang sedikit berlubang. Bahkan, pada satu jam perjalanan terakhir jalanan beraspal berganti dengan medan bebatuan kerikil kecil dan dataran menanjak serta menurun tajam. Bagi pendatang yang baru mengunjungi Semolon disarankan menghindari musim hujan karena jalanan akan sangat berbahaya.

Berjarak 15 menit sebelum sampai ke air terjun, terlihat desa kecil yang tenteram dengan penduduk yang berjumlah sedikit, tapi sangat ramah. Jangan heran jika selepas dari jalanan beraspal kita tidak menjumpai masyarakat sekitar atau orang lain yang lewat berpapasan karena memang jalur menuju Semolon sangat sepi di tengah hutan bertebing.

Untuk mencapai daerah Malinau mulai dari Ibu Kota Jakarta dapat ditempuh dengan menggunakan maskapai penerbangan menuju Tarakan, Kalimantan Utara. Dari Tarakan, perjalanan dapat di tempuh menggunakan pesawat kecil menuju Malinau dengan jarak waktu 20 menit dan dapat juga ditempuh dengan menggunakan speedboat dengan jarak waktu hampir 3 jam melintasi sungai besar.

Kabupaten Malinau berada di wilayah pedalaman yang pada umumnya merupakan permukiman bagi Suku Tidung dan Suku Dayak. Kabupaten Malinau memiliki satu bandar udara domestik, yaitu Bandar Udara Kolonel Robert Atty Bessing dan banyak bandar udara perintis perbatasan, salah satunya yaitu Bandar Udara Long Apung.

Memang perjalanan menuju air terjun Semolon lumayan panjang. Tapi, itu akan terbayarkan, bila tuah air terjun Semolon benar-benar bisa dirasakan.