Select Page

Petualangan kuliner di Bukittinggi, Sumatra Barat, belum lengkap jika tidak mendatangi Warung Pical Sikai.

WARUNG Pical Sikai adalah salah satu tempat yang mesti didatangi saat Anda datang ke Bukittinggi, Sumatra Barat. Keberadaan warung yang sudah berdiri sejak 1948 itu melengkapi keragaman kuliner kota kelahiran salah satu proklamator Indonesia Bung Hatta.

Tempatnya sederhana namun terasa menyenangkan. Sangat terasa bahwa tidak ada usaha untuk mendekor warung secara berlebihan; benar-benar otentik, bersih, dan apa adanya.  Menu utama yang dijual hanya dua jenis, pecel (pical) dan lamang tapai. Bahan baku pecel yang digunakan berbeda dengan yang ditemui di Pulau Jawa. Pical Sikai menggunakan rebusan jantung pisang, rebung, pucuk daun ubi, kol rebus, kol mentah, dan sebagai pelengkap diberi keripik sanjay (singkong) dan kerupuk merah, dan akhirnya disiram dengan bumbu kacang. Bisa dibilang menu Pical Sikai ini adalah menu vegetarian.

Lemang Tapai Khas Pical Sikai

Coba juga lamang tapai ketan hitam. Paduan rasa antara gurih dan legitnya tapai ketan. Untuk camilan, mesti mencoba lepet pisang (nagasari) khas Pical Sikai. Lembut dan gurih, dan legit. Harga makanan di Pical Sikai sangat bersahabat. Seporsi pecel dan lamang tak lebih dari Rp15 ribu. Lepet pisangnya pun hanya Rp1.000/bungkus.

Sajian di Pical Sikai menjadi variasi makanan khas Sumatra Barat yang didominasi santan.  Warung Pical Sikai dikelola Ibu Ade, generasi kedua. Orangtuanya memulai usaha sejak 1948 ketika berusia 16 tahun. Harus diakui bahwa konsistensi dalam mempertahankan kualitas telah membuat usaha Pical Sikai ini bertahan di tengah gempuran arus jaman. Rasa berbicara, dan para pengunjungpun menyebarkan kabarnya dari mulut ke mulut, tanpa Ibu Ade perlu repot-repot mengelola promosi melalui media massa ataupun kanal-kanal lainnya.

Pical Sikai Bukittinggi buka mulai pukul  07.30 hingga 18.00. Lokasinya sedikit masuk gang di Jalan Panorama, satu deret dengan pintu masuk menuju Gua Jepang (salah satu objek wisata utama di Bukittinggi), atau tepat di depan Hotel Melindo.(D-1)

Warung Pical Sikai
Jl Panorama no.19c, Bukittinggi, Sumatra Barat
(Masuk gang depan Hotel Melindo)

Pical Sikai dan Lemang Tapai

Pical Sikai dan Lemang Tapai (foto: dokumentasi DI)


Also published on Medium.