85% Wisatawan Asal Cina Masih Memilih Bali Sebagai Destinasi Berlibur

Singapura, Malaysia, dan Great China (mencakup Tiongkok, Taiwan, Hong Kong) diproyeksi menyumbang jumlah wisatawan mancanegara (wisman) terbesar pada 2016.

Wisatawan atau turis Cina yang datang ke Indonesia sejk 2014 menunjukkan peningkatan signifikan.  Pada perayaan imlek tahun ini, tercatat 70 ribu wisatawan datang dari ‘Negeri Tirai Bambu’.  Dari jumlah itu, 85% diantaranya memilih Bali sebagai tujuan berlibut, sedangkan 15% sisanya menyebar ke Jakarta, Manado, Singkawang, Belitung, Batam, dan Jawa Tengah.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara dari Kementerian Pariwisata, I Gde Pitana, mengatakan untuk mencapai target ini pihaknya akan fokus promosi ke kawasan Asia Pasifik.

“Ke depan kami ingin turis dari Cina mengunjungi destinasi lain. Bali bisa menjadi hub. Karena itu pada 2016 kami akan melakukan branding 10 destinasi yakni Greater Bali, Greater Jakarta, Greater Batam , Wakatobi, Bunaken, Raja Ampat, Makassar, Medan, Lombok, Bandung, Banyuwangi dan Yogyakarta-Solo-Semarang.  Paling lambat April kami akan me-launching hal ini” tukas Pitana.