Select Page

Eloknya destinasi wisata sering diimbangi ragam kuliner yang menerbitkan selera. Begitu pun dengan keindahan Pulau Belitung. Ragam kuliner Belitung kerap dicari sebagai santapan sembari menikmati panorama alam nan indah, atau dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Tak lengkap rasanya jika mengunjungi destinasi wisata tanpa mengenali kekayaan kuliner yang ada di dalamnya. Tak lengkap juga rasanya jika tak membawa pulang buah tangan alias oleh-oleh sekembali dari berlibur atau mengunjungi kawasan wisata tertentu.

Begitu pun saat mengunjungi Pulau Belitung yang kondang dengan panorama pantainya yang menawan. Pantai, lautan, dan alam bawah laut yang elok lengkap dengan batu-batu besar yang seolah ditata Tuhan untuk Belitung benar-benar memukau mata.

Jajaran batu-batu besar di Negeri Laskar Pelangi adalah kekayaan alam yang sangat khas Belitung. Sulit ditemui di daerah lain. Kekhasan tersebut pada gilirannya membawa pengaruh pada ragam kuliner setempat. Termasuk, cemilan yang cocok dilahap sembari menikmati indahnya panorama alam.

Oleh-oleh Belitung - Kerupuk Ikan

Kriuknya Kerupuk Belitong

Sebagai kawasan pantai, wajar jika Belitung memiliki hasil laut melimpah. Hasil laut tersebut sebagian besar diolah sebagai makanan. Sebagian lain sebagai hasil kerajinan yang memiliki nilai jual cukup tinggi. So, Belitung memiliki aneka produk oleh-oleh khas yang pantas bersaing dengan kawasan wisata lain.

Hasil laut Belitung di antaranya diolah menjadi aneka kerupuk yang sangat kriuk atau krispi. Catat saja, kerupuk ikan, kerupuk udang, kerupuk cumi-cumi, kerupuk telur cumi, dan kerupuk kemplang. Selain itu, juga ada produk senada seperti getas dan peletek dengan cita rasa gurih. Getas dan peletek sejenis kerupuk yang dibentuk bulat-bulat dari ikan tenggiri yang dihaluskan. Dengan tambahan sambal terasi sebagai cocolan dijamin tangan tak akan berhenti menjamah sebelum benar-benar ludes.

Aneka kerupuk ini banyak ditemui di toko oleh-oleh di Tanjung Pandan atau pun di Manggar. Aneka kerupuk dikemas dalam plastis dengan berbagai ukuran.

Sambal Lingkong

Jika dilihat dari penampilannya produk kuliner satu ini lebih tepat disebut abon ikan. Bahan dasarnya adalah ikan tenggiri yang dihaluskan dengan campuran cabai dan santan kelapa.  Cita rasa sambal satu ini makin khas dengan tambahan rempah-rempah di dalamnya.

Cita rasa pedas dari cabai dan rempah-rempah inilah yang membuat abon satu ini disebut sambal oleh warga Belitung. Unsur pedas dan rempah-rempah ini juga membuat Sambal Lingkong memiliki ketahanan lebih. Sambal Lingkong cocok menemani saat menyantap makanan kering atau berkuah. Sambal satu ini juga bisa berperan sebagai makanan cepat saji saat tak sempat memasak.

Siput Gonggong

Hasil olahan khas Belitung lainnya adalah Siput Gonggong. Cita rasanya menjadi khas dan lezat saat Siput Gonggong diolah menjadi keripik. Hasil laut lain yang diolah dan cocok  sebagai buah tangan adalah krispi udang dan teri krispi.

Hasil laut lain yang pantas dipertimbangkan adalah ikan asin jambal roti. Dikemas tanpa pengawet membuat ikan asin jambal roti Belitung lain daripada yang lain. Sebagai lauk, produk yang banyak dicari dan sering dirindukan dari Belitung ini membuat nafsu makan meningkat dua kali lipat.

Oleh-oleh Belitung - Terasi Udang

Belacan/Terasi

Buah tangan atau oleh-oleh yang tak boleh dilupakan dari Belitung adalah belacan atau terasi. Belacan Belitung dikenal sebagai pasta udang. Yang sangat terkenal untuk produk pasta udang adalah belacan dari Desa Sijok.

Belacan Belitung sangat terkenal dan khas. Cita rasa yang muncul ketika belacan Belitung dipakai untuk membumbui masakan tertentu sangat khas. Itu dimungkinkan karena belacan Belitung terbuat dari udang segar yang difregmentasi menjadi belacan.

Dodol

Tak hanya produk olahan hasil laut, Belitung juga memiliki ragam kuliner lain seperti aneka kue. Jika kawasan lain, terutama di Jawa, memiliki produk dodol begitu pun dengan Belitung.

Dodol Belitung pun berbahan sama yakni tepung ketan, gula aren, dan santan. Cara pembuatannya pun tidak jauh berbeda, memerlukan minimal dua orang untuk mengolah. Cita rasa manis dan gurih menjadi kekhasan dodol khas Belitung. Dodol Belitung cocok untuk menemani saat menikmati secangkir kopi pahit di pagi atau sore hari.

Kue Rintak

Kue ini tergolong kue yang jarang ada. Biasanya, kue berbahan sagu ini banyak muncul pada momentum Lebaran. Namun, beberapa toko yang khusus menyediakan oleh-oleh kerap memiliki stok Kue Rintak ini.

Kue tradisional Belitung ini memiliki cita rasa manis dan gurih. Sama seperti Dodol, Kue Rintak juga cocok dinikmati sembari minum teh atau kopi di pagi atau sore hari yang cerah.

Oleh-oleh Belitung - Sirup Jeruk Kunci

Sirup Jeruk Kunci

Es jeruk kunci adalah es khas Belitung. Jeruk kunci memiliki rasa sangat unik. Pada beberapa daerah jeruk ini memiliki nama berbeda seperti jeruk sambal, jeruk calong, lemau calong, jeruk cino, atau jeruk kalamanchi.

Jeruk kunci telah dikemas sebagai sirup botolan yang laris dibawa sebagai oleh-oleh khas Belitung. Sirup ini memiliki cita rasa yang sangat segar dan memiliki banyak penggemar.

Ingin oleh-oleh lain dari Pulau Bengkulu? Masih berkaitan dengan kekayaan laut, kerajinan kerang dari Negeri Laskar Pelangi ini cukup layak dipertimbangkan. Terbuat dari cangkang kerang, kerajinan dari Belitung ini sangat berwarna-warni. Uniknya, kerajinan yang bagus dibawa sebagai souvenir ini memiliki bentuk bermacam-macam seperti burung, penyu laut, kuda, dan lain-lain.

Terakhir, jika Anda gemar dengan batu-batuan, buah tangan satu ini sangat layak diburu. Apalagi, batu satam adalah batu yang hanya ada di Belitung. Batu hitam pekat dengan aksentuasi ukiran pada permukaannya ini disebut-sebut dari pecahan meteor. Tak heran jika batu ini memiliki pesona tersendiri. Selain itu, batu satu ini juga diyakini bisa menyembuhkan penyakit tertentu. Memang, harganya cukup mahal tapi sangat layak untuk dimiliki. (Divdit)

 

Khas Belitung, Aneka Kerupuk hingga Pasta Udang
2.3 (46.67%) 3 votes