Select Page

Datang ke Belitung berarti bersiaplah  memanjakan mata dan hati.

WARNA keemasan menjelang  senja di Pantai Tanjung  Kelayang benar-benar membuat wisatawan terbirit- birit menggapai kamera, mengabadikan, dan kemudian berdiri  terpana, terpesona!

edisi 26  destinasi tanjung kelayang 2

Bayangkan, matahari  turun berlahan menyapu bebatuan dan  tiang-tiang perahu. Kilaunya mengubah  segalanya menjadi pendar keemasan. Menakjubkan, menyaksikan alam  bekerja membentuk keajaiban warna. Menakjubkan ketika imajinasi seakan  melayang ke negeri antar berantah bersepuh kilau emas. Itu hanyalah satu dari sekian banyak pesona Belitung.

Pulau Belitung masuk dalam wilayah Provinsi Bangka Belitung, Sumatera Selatan. Sesuai namanya, provinsi tersebut memiliki dua pulau besar, yakni Bangka dan Belitung yang selama ini dikenal sebagai daerah penghasil timah, granit, dan kaolin. Pulau Belitung terbagi dalam dua kabupaten, yakni Kabupaten Belitung dengan ibu kota Tanjung Pandan dan Belitung Timur dengan Ibu Kota Kabupaten Manggar.

Belitung dalam beberapa tahun ini perlahan menjadi salah satu destinasi favorit bagi pelancong dalam dan luar negeri. Ada banyak tawaran menarik untuk menyaksikan keindahan pulau ini. Tengok saja batu-batu di Pantai Tanjung  Tinggi dan Penyambong, juga ratusan ikan di perairan dekat Pulau Lengkuas. Belum lagi  bintang laut di Pulau Pasir, edukasi keunikan tarsius di Batu Mentas, penangkaran dan pelepasan tukik di Pulau Kepayang, aktivitas camping di tepi pantai, dan masih banyak lagi.

edisi 26  destinasi pulau lengkuas

Mengelilingi Belitung tidak butuh banyak  waktu . Tiga hari dua malam sudah cukup meng-cover sebagian besar destinasi yang  ditawarkan. Jika ingin lebih puas, silakan mengeksplor lebih lama lagi.Jangan lupa mencoba sensasi  camping di tepi pantai. Aktivitas itu bisa dilakukan bersama keluarga. Dijamin anak-anak yang belum terbiasa pun pada akhirnya akan menikmati tidur di alam terbuka. Memandang langit, bercengkrama di api unggun, dan tidur nyenyak di dalam tenda, diterangi lampu seadanya dan langit malam berbintang.

PANTAI TANJUNG KELAYANG

Ini pantai yang sempat menjadi pusat aktivitas melihat gerhana matahari total beberapa waktu lalu. Pantainya landai, berhias bebatuan, dan menjadi titik keberangkatan ke pulau di sekitarnya seperti Lengkuas, Pulau Pasir, Kepayang, Batu Berlayar, dan sebagainya.

Pantai yang waktu tempuhnya sekitar 30 menit dari pusat kota Tanjung Pandan itu menawarkan pemandangan mengasyikkan. Senja, pasir putih, rimbunan daun pinus, kapal nelayan, kapal angkut, dan tentu bebatuan bebatuan besar.

Di salah satu sisi pantai berjajar tempat-tempat  makan yang menawarkan berbagai hidangan laut, baik  bakar, goreng, atau olahan khas Belitung. Tanjung Kelayang juga cocok untuk aktivitas  camping bersama keluarga. Kawasan itu diprediksi akan berkembang  pesat. Saat ini beberapa jaringan hotel internasional akan segera melakukan pembangunan.

edisi 26  destinasi batu satam

Tanjung Kelayang merupakan salah satu pantai paling memesona di Belitung. Tidak mengherankan pantai ini telah lama disinggahi berbagai yacht dari luar negeri saat digelarnya acara Sail Indonesia. Pantai ini juga telah menjadi pelabuhan untuk menyewa perahu dan berkeliling ke beberapa pulau di sekitarnya (tour island hopping).

Sejak dahulu masyarakat di sekitarnya telah menyukai pantai ini sebagai tempat bersantai dan berlibur. Bila berada di sana akan melihat seperti pulau kecil yang terbentuk dari batu-batu  granit besar yang terletak sekitar 800 meter dari ujung pantai. Di sana terdapat baru seperti kepala seekor burung. Karena itu tempat ini disebut Tanjung Kelayang, karena kelayang adalah nama salah satu jenis burung yang banyak dijumpai di sana. Namun begitu masyarakat setempat menyebutnya Batu Garuda.(D-1) Foto : Lintang Rowe & Ardha Prasetya

Tips:

*Banyak pilihan penerbangan ke Belitung waktu tempuhnya  tidak sampai satu jam. Pilihlah penerbangan pagi hari, agar  bisa langsung melakukan aktivitas.

*Musim kemarau antara Juli hingga Agustus adalah waktu kunjung terbaik. Saat musim hujan, cuaca kurang bersahabat dan gelombang cenderung tinggi.

*Siapkan tabir surya, kaca mata hitam, dan topi.

*Anomali cuaca membuat hujan sulit diprediksi. Persiapkan payung dan jas hujan.

*Menyewa kendaraan jelas keharusan untuk mengeksplor Belitung. Lebih praktis, nyaman, dan menghemat waktu, mengingat sulitnya transportasi umum di kabupaten tersebut.

*Tidak sulit mencari makanan di Belitung. Gangan ikan salah satu makanan khas yang mesti dicoba.  Carilah warung yang menyajikan masakan segar, sehingga bisa memesan tingkat rasa pedas sesuai selera.

*Mencoba warung kopi di  Belitung juga keharusan. Menikmati pemandangan tabung-tabung kopi unik dan juga interaksi sosial yang khas, tak mengenal status  ekonomi.

*Banyak toko oleh-oleh di Belitung yang bisa dikunjungi. Terasi, kerupuk, sirup jeruk kunci, dan sebagainya bisa dijadikan buah tangan.

*Jika ingin camping tapi belum biasa atau membawa anak-anak, Tanjung Kelayang dan Pulau Kepayang bisa  dijadikan pilihan. Tempatnya indah, dekat dengan warung  makan, dan beberapa tempat mandi umum yang kebersihannya terjaga.

*Bawalah biskuit ketika akan snorkeling. Spot di sekitar Pulau Lengkuas sungguh mengasyikkan. Gerombolan ikan tanpa takut menghampiri tangan yang berisi remah roti.

*Berhati-hatilah melompat dari batu ke batu. Gunakan alas yang benar-benar bisa menahan licin. Beberapa batu besar memiliki permukaan tajam karena tempelan fosil-fosil kerang. Pantai Tanjung tInggi

AKSES & BUDGET

*Bandara HAS Hanandjoeddin terletak di Tanjung Pandan,  Ibu Kota Kabupaten Belitung,  Provinsi Bangka Belitung.Harga tiket dari Jakarta bisa sangat terjangkau di hari biasa (di luar hari libur dan akhir pekan) sekitar Rp300.000 hingga Rp500.000.

*Dari bandara bisa menggunakan taksi ke pusat kota  dengan biaya sekitar Rp40ribu hingga Rp50.000 dengan lama perjalanan sekitar  15 menit. Sewa mobil sekitar Rp250 ribu (tergantung jenis mobil). Jika paket dengan pengemudi dan BBM sekitar Rp450 ribu.

*Biaya sewa kapal tergantung bobot kapal dan besaran kapasitas penumpang. Kisaran harganya antara Rp450  ribu hingga Rp750 ribu. Harga sewa jaket pelampung  Rp10 ribu dan alat snorkeling  Rp15 ribu hingga Rp20 ribu. Belitung memiliki cukup banyak pilihan hotel, mulai dari bintang hingga melati. Silakan pilih sesuai dengan ukuran kantong dan tingkat kenyamanan yang diingin kan.

*Harga penginapan hingga resort mulai dari Rp150 ribu hingga Rp8 juta per malam. Untuk keterangan lebih lanjut bisa menghubungi Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Belitung  atau menggunakan jasa biroperjalanan.

 

 

 

 

Pesona Kilau Emas Tanjung Kelayang, Belitung
Bagaimana artikel ini menurut Anda?


Also published on Medium.