Kuliner cara yang paling efektif untuk memerkenalkan seni, budaya, dan keindahan sebuah negara.

SEZAI ZORLU3CHEF Sezai Zorlu, dikenal sebagai salah satu ahli kuliner yang memerkenalkan masakan khas Ottoman (Turki) ke Indonesia. Dia membuka Turkuaz dan Warung Turki, dua tempat makan yang menyuguhkan makanan khas Turki. Menikah dengan Yanti Soebianto, membuat Zorlu lancar menggunakan Bahasa Indonesia dan juga mencintai kuliner serta keindahan Nusantara.

Pendapat Anda tentang kuliner Indonesia?
Cita rasanya saya suka. Saya suka makan coto Makassar, bubur ayam, sate, ayam presto, semua saya suka. Enak banget!

Saran untuk kuliner Indonesia agar bisa lebih mendunia?
Kebersihan dan cara memasak yang lebih sehat tanpa mengurangi cita rasa khas Indonesia. Banyak chef Indonesia yang bekerja di luar negeri, tapi masih sedikit yang membawa keahlian tradisionalnya di negeri sendiri. Padahal menurut saya kuliner Indonesia sangat berpotensi.

Bagaimana dengan sumber daya manusianya?
Indonesia punya banyak ahli kuliner yang luar biasa. Contoh William Wongso dan Patty Elliot. Mereka luar biasa, menyajikan menu khas Indonesia dengan standar cara memasak dan tampilan premium yang harus diacungi jempol. Di luar itu, banyak chef Indonesia yang bekerja di luar negeri. Pemerintah Indonesia harus buka sekolah khusus culinary. Kuliner itu cara paling efektif untuk promosi.

Kuliner dan promosi?
Begini, bagaimana pun, makanan adalah cara paling bagus dan efektif untuk membawa dan memperkenalkan budaya dan keindahan sebuah negara. Tidak ada perang di atas meja diplomasi. Semua duduk di meja makan, setelah itu bisa perang lagi. Makanan cara yang paling bagus untuk memerkenalkan semua itu. Kebab Turki membuat nama Turki lebih dikenal.

Ngomong-ngomong, suka traveling?
Suka sekali. Indonesia sangat kaya. saya suka semuanya. Toraja punya kebudayaan yang luar biasa, masing-masing daerah punya kekuatan, Makassar, Bali, Surabaya, Yogyakarta, dll. Saya pengen ke Raja Ampat dan Pulau Komodo.