Sport tourism memiliki kekuatan untuk mendongkrak ekonomi dan memberi pengaruh permanen pada peningkatan infrastruktur.

Olahraga terbukti mampu mendongkrak ekonomi suatu daerah mau pun negara. Profesor Simon Shibli, kepala Sports Industry Research Centre di Universitas Sheffield Hallam, Inggris, seperti dikutip di independent.co.uk, menyebutkan bahwa event sport tourism terbukti memberi dampak ekonomi, terutama terkait dengan penyedia akomodasi, wisata lokal, restoran, toko-toko, hingga penyewaan mobil.

Dampak Ekonomi Sport Tourism

Meski demikian, efek itu tidak permanen. Manfaat ekonomi yang langgeng dari event sport tourism, berasal dari perbaikan dan pembangunan infrastruktur dan juga pengenalan lewat publikasi untuk efek jangka panjang.

Peningkatan infrastruktur dan pembangunan terkait pariwisata dikemukakan Kepala Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Bukittinggi Melfi Abra dan Ketua DPRD Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat, Mukhlis Rasyid terkait event Tour de Singkarak (TdS) 2015, 3-12 Oktober 2015. “Percepatan pembangunan infrastruktur sangat terasa sejak ada event TDS. Pembangunan jalan dan fasilitas lain seperti hotel pun terus bertumbuh papar Melfi.

Pernyataan senada juga dikemukakan Mukhlis Rasyid. Ketua DPRD Kabupaten Sijunjung itu merasakan betul dampak dari TDS. Bukan hanya pembangunan infrastruktur, tetapi juga kedatangan wisatawan mancanegara dan dalam negeri. Itu sebabnya, DPRD Sijunjung akan komit memperbesar anggaran untuk pariwisata termasuk event TDS.

Tour de Singkarak dalam Grafis

Tour De Singkarak dalam infografis

Tour de Singkarak dalam grafis

Tour de Singkarak (TdS) merupakan kegiatan balap sepeda internasional yang sudah berlangsung sejak 2009. Semula hanya menyertakan empat kabupaten, pada 2015 telah melibatkan 18 kabupaten atau hampir semua kabupaten dan kota di Sumatra Barat, kecuali Mentawai. TDS 2015 diikuti 21 tim dari 36 negara, di antaranya dari Jepang, Austria, Filipina, Tiongkok, Taiwan, Malaysia, Australia, Thailand, Iran, Luksemburg, Kazakhstan, Uzbekistan, dll.

Tour de Singkarak berperan mempopulerkan Sumatra Barat, terlihat dari kenaikan jumlah kunjungan wisatawan dan peningkatan ekonomi daerah. (D-1)