Select Page

Rumah makan sederhana ini jadi langganan wisatawan, politisi hingga selebritas.

MAMPIR ke Rumah Makan Rawon Nguling, jadi keharusan ketika Anda melintasi Probolinggo. Itu yang kami lakukan ketika akan ke Gunung Bromo dengan titik masuk Probolinggo. Info tentang Rawon Nguling menggoda perut selama perjalanan dari Surabaya. Maka, mampirlah kami di rumah makan yang terletak di perbatasan Probolinggo dan Pasuruan itu.

Rawon tentu jadi menu utama yang dipesan. Sembari menunggu, kami mencicipi kerupuk gendar yang terbuat dari nasi dan tape ketan yang dibungkus daun. Tidak lama kemudian, pesanan pun datang. Sepiring nasi yang sudah disiram kuah rawon berikut potongan daging besar-besar. Warnanya coklat muda, agak berbeda dengan sajian rawon di Surabaya yang cenderung berwarna hitam dari bumbu dapur kluwak. Rasanya gurih dan porsinya mengenyangkan.

Berbarengan dengan rawon hadir dalam piring tempe, tahu goreng, dan aneka jeroan seperti paru, limpa, babat, dll. Nah, meski tidak sehat, namun jeroan goreng yang disajikan layak dicoba. Potongan parunya menggoyang lidah.

Rawon Legendaris Probolinggo - Depan Restoran Warung Nguling

Rawon Legendaris Probolinggo Rumah makan sederhana ini jadi langganan wisatawan, politisi hingga selebritas. Rawon Nguling, kisah sang pemilik dari generasi ketiga Rofiq Ali Pribadi, sudah berdiri sejak 1942. Awalnya dijual oleh Mbah Karyoredjo di bawah pohon trembesi yang sampai sekarang masih berdiri di depan rumah makan. Pada 1960-an berubah menjadi bangunan semi permanen, dan pada 1990 berdiri bangunan permanen dengan kapasitas 250 kursi. “Pengunjungnya juga kian beragam. Jika awalnya petani dan pengangon ternak, kian lama kian bervariasi, dari seniman, politikus, hingga selebritas. Affandi, Gusdur, mantan presiden SBY pun pernah mampir,” kisah Rofiq.

Rumah makan Warung Nguling buka setiap hari, kecuali selama bulan puasa tutup 32 hari, baru buka kembali Lebaran hari ketiga. “Itu sudah amanah dari orangtua,” ujar Rofiq sembari menginformasikan, cabang Rawon Nguling sudah ada di Surabaya dan di Jakarta. (D-1)

Rumah Makan Warung Nguling
Jl Raya Tambakrejo No 75,
Kecamatan Tongas,
Probolinggo, Jawa Timur
Telp: (0335) 51091
Jam buka: 05.00 – 21.00

Rawon Legendaris Probolinggo
Bagaimana artikel ini menurut Anda?


Also published on Medium.