Select Page

Travel + Leisure, majalah pariwisata dari Amerika Serikat, menobatkan Nihiwatu Sumba sebagai hotel terbaik di dunia atau #1 Hotel in The World 2016.

DATA majalahTravel + Leisure, Nihiwatu memiliki skor tertinggi, yaitu (98,35), mengalahkan hotel-hotel ternama seperti The Spectator di Charleston, South Carolina, dengan skor 97,78, dan Huka Lodge di Taupe, New Zealand, dengan skor 97,65. Dari Indonesia, selain Nihiwatu,  juga ada St. Regis Resort Nusa Dua Bali di peringkat ke-35 dengan skor 96,22.

hotel news nihiwatu

Penghargaan ini membuat Kementerian Pariwisata turut bangga atas pencapaian tersebut. Arief Yahya, Menteri Pariwisata Republik Indonesia, mengapresiasi Nihiwatu sebagai hotel terbaik di dunia, dan dia mengatakan bahwa momen ini sangat bagus dimanfaatkan untuk meningkatkan promosi pariwisata Indonesia.

“Momen ini menjadi hal positif untuk meningkatkan promosi pariwisata Indonesia. Penghargaan ini menjadi kebanggaan bersama, baik untuk masyarakat Sumba Barat maupun masyarakat Indonesia, bahwa Indonesia memiliki resor atau hotel terbaik di dunia,” kata Arief Yahya.

Selain itu, Arief Yahya menyarankan SDM di industri perhotelan dan pariwisata dapat membantu membina masyarakat setempat agar sadar potensi industri pariwisata. Dia ingin paling tidak satu hotel bertanggungjawab untuk satu desa.“Nihiwatu dapat dikatakan sebagai contoh ideal dalam mengembangkan ecotourism. Saya ingin agar  Nihiwatu tetap menjaga kelestariannya.”

hotel news nihiwatu2

Kesempatan Filantropi

“Hospitality-centric mewah telah mengalami perubahan, lebih dari sekadar keramahan semata. Saat ini telah jauh berkembang tamu memunyai jadwal sesuai yang diinginkan, perjalanan pribadi, mencari pengalaman tak terlupakan, dan keingintahuan  yang tinggi. Kami beruntung telah mengembangan hal ini sebagai salah satu konsep Nihiwatu. Hal inilah yang sekarang ini disukai pengunjung,”  ungkap Chris Burch, pemilik Nihiwatu.

Nihiwatu Sumba merupakan resor mewah yang terletak di pantai Nihiwatu di Sumba, Nusa Tenggara Timur. Pulau ini dikenal karena masih memiliki alam murni dan dikenal memunyai gelombang yang digemari peselancar dunia.

Tidak seperti resor mewah lainnya,  Nihiwatu juga menawarkan pengalaman filantropi bagi mereka yang menetap di sini. Setiap tamu ditawarkan menyaksikansebuah film dokumenter yang dibuat oleh Yayasan Sumba untukmembantu masyarakat lokal mengembangkan air bersih, klinik, dan pelatihan pencegahan malaria serta menjalankan program penanggulangan kemiskinan.

hotel news nihiwatu 5

Hotel ini memiliki konsep sebagai resor honeymoon, juga cocok untuk liburan keluarga. Namun begitu menyangkut bisnis hotel ini juga menyediakan ruang meeting berkapasits 50-60 orang.

Salah satu yang membuat Nihiwatu begitu memesona adalah tiga buah vila berbentuk rumah pohon. Uniknya lagi terletak di atas tebing dan langsung berhadapan dengan Samudera Hindia. Ini membuat pengunjung hotel begitu menyukainya. Tidak hanya itu, Nihiwatu memiliki 33 akomodasi vila dengan kolam renang pribadi serta pemandangan indah menghadap Pantai Nihiwatu.

“Beberapa tahun ini, Sumba Barat berhasil membangun sebuah destinasi unik dan mengesankan ‘Resor Surgawi’. Di sini tamu bebas berkelana menyusuri alam di sekitar Sumba,” ungkap  James Mcbride, managing partner Nihiwatu.

Resor Nihiwatu Sumba: Terindah Nomor Satu di Dunia
Bagaimana artikel ini menurut Anda?


Also published on Medium.