Select Page

Bagi keluarga Djatmiko Wardoyo dan Lucia Erniawati, berlibur menjadi kesempatan besar untuk menanamkan nilai-nilai hidup.

edisi 26 liburan keluarga rafting Ayung River Bali

BERLIBUR  bagi keluarga yang satu ini  bisa dikatakan sebagai kegiatan rutin yang membuat mereka tak sabar menanti. Bukan hanya menjelajah Indonesia, tetapi juga menyusuri Berbagai negara di Asia, Eropa, hingga Australia.

“Sejak dulu saya dan suami sudah senang jalan-jalan. Setelah memunyai dua  anak, yaitu Rasendriya Nadhif Djatmiko (16 ) dan  Bhagaskara Nevan Djatmiko (11)  kebiasaaan itu kami lanjutkan. Sekarang anak-anak justru  yang sering minta jalan-jalan,” ujar Lucia Erniawati (kerap disapa Luci), head of corporate affairs  and access PT Roche Indonesia, saat ditemuiDestinasi Indonesia.

Suami Luci, Djatmiko Wardoyo atau akrab di  Koko, kerap mengistilahkan keluarga sebagai crystal ball yang harus dijaga keutuhannya. Berlibur merupakan sarana refreshing bersama, lepas dari rutinitas sehari-hari. Traveling juga menjadi salah satu cara menjalin komunikasi lebih intensif, berdiskusi, dan tentu saja bersenang-senang bersama. “Selama perjalanan selalu saja ada cerita seru. Selalu ada waktu berdialog secara pribadi terutama dengan anak- anak. Bagi saya berlibur menjadi kesempatan besar menanamkan nilai-nilai hidup.”

edisi 26 liburan keluarga pasar di Spanyol

Rindu Kembali

Luci berkisah, sudah cukup banyak daerah di  Indonesia yang dikunjungi, di antaranya Aceh, termasuk Titik Nol Kilometer, Sabang. “Kami senang  menikmati alam Aceh yang indah dan minum kopinya yang unik. Kulinernya lezat seperti mi aceh, asam keung, roti jala, kepiting, dan lain-lain. Daerah baru selalu menantang. Meski demikian ada juga tempat-tempat yang dikunjungi berulang kali, seperti Yogyakarta dan Bali.”

Selain  Aceh, mereka telah berkeliling Padang dan wilayah Sumatra Barat lainnya, termasuk Bukit Tinggi, Danau Maninjau, Danau Singkarak, Istana  Pagaruyung, Lembah Anai, pantai, dsb. “Lagi-lagi kami kagum dengan pemandangan alam dan kuliner lezat. Salah  satu favorit  kami  adalah itiak ladoijo di dekat Ngarai Sianok. Kami berencana kembali ke sana suatu saat nanti.”

Medan dan seputarnya termasuk Danau Toba dan Siantar juga sudah disambangi. Becak di Siantar yang memakai motor besar Birmingham Small  Army (BSA) memberi kesan tersendiri. Pun roti tawar hangat dengan selai srikaya di Roti Ganda. Lampung, Palembang, Batam, Bintan, dan Belitung juga pernah menjadi sasaran berlibur.

edisi 26 liburan keluarga Mount Pilatus Swiss

Bagaimana dengan Pulau Jawa?Luci mengaku menyukai ragam destinasi di Pulau Jawa. Di Jawa Barat, banyak titik wisata menarik yang pernah dieksplor, antara lain Bandung dan sekitarnya (Lembang, Bandung Selatan, Padalarang, dan lainnya), Cirebon, Garut, Tasikmalaya, Sukabumi, Kerawang, dan masih banyak lagi.

Sedangkan untuk Jawa Tengah, mereka pernah ke Pekalongan,Wonosobo, Wonogiri, Tawangmangu, Sangiran (Museum Purbakala), dan sebagainya. “Semarang kulinernya enak sekali. Selain itu banyak spot menarik untuk dikunjungi. Kami juga keUngaran, Museum Kereta Api Ambarawa, Salatiga, Rawa Pening, Magelang, dll. Gunung Kidul punyak banyak pilihan tempat wisata, salah satunya Gunung Purba Nglanggeran yang  asyik buat trekking,” tambahnya.

Di propinsi JawaTimur, Luci sudah berkeliling ke Malang, Surabaya, Bromo, dan sekitarnya.“Kami  menemukan pantai bagus di Pacitan,” tuturnya. Sembari menambahkan, Makassar, Lombok, dan Kupang juga pernah didatangi. Kalau keluar negeri,  mereka sudah berlibur ke Australia, Selandia Baru,  Singapura, Malaysia, Korea, Swiss, Prancis, Belanda, Spanyol, Italia, Austria, dan Ceko.

 Kesan Tersendiri

Ketika ditanya tempat mana paling berkesan, Luci sedikit kebingungan. Katanya, setiap anggota keluarga punya pilihan sendiri. Anak-anak paling berkesan saat berkunjung ke Swiss.Mereka suka keindahan alam, kebersihan, ketenangan, dan ketertiban negara itu. Luci sendiri suka dan selalu ingin datang  lagi ke Yogyakarta, Bali, Sumatra Barat, dan Belitung.

Ada  pengalaman tak terlupakan saat berlibur di Belitun, April lalu. Belitung tak hanya memiliki pantai indah, tetapi warganya punya kebiasaan minum kopi yang unik. “Ketika kami datang ke warung kopi  tua bernama Kong Djie, terasa sekali tak ada sekat pemisahan strata sosial. Semua pengunjung ikut nimbrung dalam obrolan seru ngalor-ngidul dan tak ada yang marah. Sungguh pengalaman luar biasa buat anak-anak. Mereka ingin ngopi lagi di Belitung. Liburan sekolah kali ini kami pergi keYogyakarta dan akan mengunjungi kerabat di Perth. Kami masih punya daftar liburan ke Taman Nasional Baluran, konservasi orang utan di Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, dan ke Pulau Komodo,” katanya.

edisi 26 liburan keluarga jelajah pulai dekat Carita

Apa pendapat Luci tentang pariwisata di Indonesia?  “Sebetulnya Indonesia punya banyak tempat menarik. Kaya keragaman budaya dan aktivitas wisata. Banyak objek lebih bagus di sini dibandingka dengan luarnegeri. Sayangnya, penggarapan wisata di Indonesia masih belum optimal. Kemasannya kurang menjual serta belum berorientasi pada service excellence. Semoga saja banyak pihak Terkait segera memerbaiki hal ini agar wisata Indonesia lebih bergaung,” ungkapnya menutup pembicaraan. (Ari/D-1) Foto : Dok.Pribadi Lucia Erniawati 

Tips Liburan Keluarga Luci

*Liburan tak harus menunggu memunyai uang banyak dan tujuan yang jauh. Bisa dimulai dari lokasi terdekat sesuai anggaran dan waktu yang terjangkau.

*Saat berlibur ke luarnegeri sebaiknya menunggu anak sudah agak besar agar bisa menikmati  dan mengingat. Selain itu tidak merepotkan orang tua.

*Rencanakan jauh hari supaya lebih hemat dan bisa memilih penerbangan dan tempat menginap sesuai yang diinginkan.

*Jangan lupa cek jadwal sekolah dan ekskul anak dan aktivitas kerja orang tua. Untuk keluarga yang sudah punya anak ABG, cek juga jadwal kegiatan mereka bersama teman-teman.

*Libatkan anak-anak dalam perencanaan danpersiapan misalnya jika anak sudah cukup besar, bisa diminta tolong memesan tiket atau hotel sambil tetap didampingi, menjadi navigator (penunjukarah) saat ayah mengemudi, menyiapkan sendiri perlengkapan pribadi. Itu akan melatih kemandirian anak dan membuat liburan makin seru.

*Jangan lupa bawa obat-obat yang rutin dikonsumsi dan obat-obatan ringan serta vitamin.

*Dokumentasikan perjalanan, supaya bisa jadi cerita di kemudian hari.

*Indonesia begitu luas dan indah. Ada begitu banyak yang bisa

dinikmati. Jadi, jangan berdiam diri di rumah. Nikmat daerah Indonesia mulai dari yang berjarak dekat sampai jauh.

*Kalau tak sempat buat rencana, jangan khawatir untuk pack and go. Terkadang bisa menjadi pengalaman mengesankan dan seru.

 

Kangen Wisata Yogya, Bali, Sumatra Barat, dan Belitung
5 (100%) 3 votes


Also published on Medium.