Solo traveler ternyata mendominasi perjalanan liburan saat ada liburan terjepit

Destinasi Indonesia buat Solo Traveler

Menurut Skyscanner, perusahaan pencarian perjalanan global yang menyediakan pencarian gratis untuk penerbangan, hotel, dan penyewaan mobil, mengumumkan 10 destinasi paling diminati saat libur panjang akhir pekan (long weekend) dan saat hari libur terjepit seperti minggu lalu. Ternyata, terlihat juga trend bahwa pemanfaatan libur terjepit banyak dilakukan solo traveler, dibandingkan dengan tipe wisatawan yang pergi berkelompok maupun keluarga. Hari kejepit adalah satu atau dua hari kerja yang terletak di antara dua hari libur, biasanya antara hari besar dan hari Sabtu atau Minggu. Hari kejepit adalah istilah tidak baku untuk hari terjepit. Hari ini sering kali menjadi alasan bagi pegawai untuk mengambil cuti atau membolos. Di Indonesia, hari kejepit yang berada di dekat hari libur Idul Fitri atau Natal sering dijadikan “cuti bersama” yang ditentukan oleh pemerintah.

Backpacking Indonesia

Foto: Keith Parker (Flickr)

Berikut adalah 10 destinasi yang diminati solo traveler :

  1. Bali
  2. Jakarta
  3. Yogyakarta
  4. Surabaya
  5. Mataram
  6. Medan
  7. Belitung
  8. Semarang
  9. Padang
  10. Bandung

Menjadi solo traveller meninggalkan kesan sendiri. Secara global, Indonesia pun masuk sebagai negara terbaik untuk solo traveler.  Banyak wisatawan mancanegara menganggap Indonesia nyaman untuk mereka karena beberapa daerah memiliki suasana dan keamanan yang baik dan dikarenakan keramahan orang Indonesia. Keramahan ini membuat para pelancong yang bepergian sendirian tidak perlu cemas atau takut bertanya. Banyak pelancong yang pergi liburan sendiri menilai bahwa melakukan wisata sendirian ke suatu destinasi baru merupakan seni sendiri yang berpedoman pada prinsip travel light, alias hanya membawa barang yang diperlukan saja.  Skyscanner yang berdiri tahun 2003 ini mengklaim telah membantu menemukan kebutuhan rencana bepergian hampir lebih dari 1000 solo traveler pada saat terjadi hari libur terjepit di Indonesia.

destinasi mural yogyakarta

Yogyakarta merupakan destinasi para solo traveler yang dinilai paling membawa kesan dibandingkan destinasi lainnya. Hal ini dikarenakan warga Jogja sangat ringan tangan dalam membantu pelancong yang tersesat atau kebingungan menentukan rute perjalanan selama di sana.  Bahkan, tidak jarang warga Jogja malah menawarkan tumpangan atau memandu sampai pelancong tiba di destinasi yang diinginkannya.

Giatnya solo traveler mencari kesempatan liburan di hari terjepit setiap tahunnya didukung semakin maraknya homestay-homestay di banyak destinasi wisata di Indonesia. Hal ini juga sudah diimbau oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya untuk para pemilik kos-kosan untuk menjadikan kamar yang sedang kosong untuk homestay buat traveler domestik maupun mancanegara sehingga ada opsi menginap dengan biaya lebih murah. Pariwisata domestik menjadi salah satu tulang punggung perekonomian Indonesia dikarenakan terbukti jumlah solo traveller alias mereka yang pergi jalan-jalan sendirian makin banyak. Apalagi sekarang tiket murah sangat mudah didapat.