Bulan madu jadi momentum sarat makna dan kenangan di luar sakralnya prosesi perkawinan bagi pasangan pengantin. Tidak mengherankan jika pasangan yang tengah berbahagia merencanakan destinasi bulan madu penuh kesan sejak jauh-jauh hari.

Indah, seru, eksotis, namun tetap menjaga kesyahduan bulan madu, itulah pertimbangan penting dalam menentukan destinasi wisata bulan madu. Dan, Indonesia memiliki surga wisata bulan madu yang bertebaran di berbagai sudut pulau dengan kualifikasi seperti itu.

Pulau Bali, tak terbantah lagi, masih memimpin sebagai destinasi wisata eksotis untuk urusan bulan madu. Namun, Indonesia tak hanya Pulau Bali. Destinasi wisata eksotis lainnya terserak di berbagai tempat. Mari kita simak beberapa destinasi wisata bulan madu yang pantas masuk dalam daftar.

Ubud, Bali

Keelokan kawasan Ubud, Bali, tak diragukan lagi sebagai tempat pas untuk berbulan madu. Bukan hanya pasangan pengantin lokal, namun juga mancanegara.

Hamparan persawahan dengan sistem pengairan subak nan elok bak lukisan alam berikut jurang-jurang dan hutan yang magis. Kawasan ini benar-benar menawarkan suasana eksotis nan syahdu, cocok bagi pasangan pengantin yang mendamba ketenangan dalam kebahagiaan.

Gili Trawangan dan Nanggu, Lombok

Tak jauh dari Pulau Dewata, Indonesia punya destinasi wisata eksotis di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Kawasan Gili Trawangan dan Nanggu yang relatif masih perawan menawarkan panorama alam yang sulit terlupakan. Ketenangan yang ditawarkan benar-benar menjadi surga bagi pasangan pengantin baru.

Serasa memiliki pulau pribadi, hamparan pasir putih dengan latar belakang birunya laut yang memukau mengantarkan pasangan berbahagia dalam kenangan tak terlupakan. Syahdu dan penuh kesan tak terlupakan.

Pulau Moyo, Nusa Tenggara Barat

Masih di kawasan Nusa Tenggara Barat, pasangan pengantin bakal termanjakan oleh indahnya panorama wisata Pulau Moyo. Terutama, pasangan pengantin yang menggemari keindahan laut.

Pasangan pengantin berjiwa petualang bakal terpuasi dengan kegiatan memacu adrenalin seperti snorkeling, berenang dengan ikan hiu, ikan pari, bahkan biota tropis lainnya di kawasan wisata ini. Namun, bagi pasangan yang hanya ingin ketenangan memadu kasih cukup saling menggayutkan tangan sembari menikmati indahnya pantai nan eksotis. Atau, sekadar menikmati debur air terjun Mata Jitu yang benar-benar jitu membetot perasaan.

Raja Ampat, Papua Barat

Keindahan Raja Ampat sebagai destinasi wisata eksotis sedang hangat dalam pembicaraan saat ini. Daftar pasangan pengantin yang ingin menghabiskan bulan madu di kawasan gugusan pulau di Papua Barat ini makin meningkat saja.

Tak pelak, pesona Raja Ampat mampu mengalihkan perhatian banyak pengantin baru dari keelokan Pulau Maldives di Lautan Hindia. Biota laut yang dimiliki ditambah pantai yang masih asri menawarkan eksotisme yang begitu memanjakan pasangan yang tengah dimabuk kebahagiaan.

Pulau Ora, Maluku

Senada dengan Raja Ampat, Pulau Ora di Maluku juga banyak disebut-sebut memiliki kesamaan panorama dengan Pulau Maldives. Tempatnya yang relatif belum banyak terjamah menawarkan keindahan yang sangat eksotis dan sensasional.

Jauhnya jarak tempuh terbayar lunas dengan eloknya pemandangan yang luar biasa dan tak terlupakan. Pasangan pengantin baru dibuat tak henti berdecak oleh indahnya panorama alam, laut, dan bawah laut yang sulit dipercaya.

Pulau Derawan, Kalimantan Timur

Pulau Derawan di Berau, Kalimantan Timur, tak hanya menawarkan panorama laut yang bersih dengan pasirnya yang berkilau. Namun, Derawan juga menawarkan sensasi tak terlupakan lainnya yang membuat bulan madu begitu unik dan tak terlupakan bagi pasangan pengantin.

Ingin merasakan sensasi bercanda dengan ubur-ubur tanpa sengat? Maka Pulau Derawanlah jawabannya. Begitu pun pemandangan indahnya penyu-penyu yang bergerak merdeka, laiknya pasangan pengantin yang juga ingin merdeka menikmati indahnya masa bercinta.

Masih banyak destinasi wisata eksotis lainnya yang tersebar di berbagai penjuru Nusantara. Semuanya menawarkan keindahannya masing-masing untuk menyempurnakan kebahagiaan bulan madu pasangan pengantin baru yang berbahagia. Eksotisme keindahan alam Indonesia yang tetap menjaga kesyahduan bulan madu pasangan berbahagia. (Yul.)


Also published on Medium.