Select Page

sumber: dok destinasi indonesia

 

BULUKUMBA merupakan satu dari dua puluh satu kabupaten yang ada di Provinsi Sulawesi Selatan. Di wilayah ini, ada pantai yang menjadi primadona warga Bulukumba, yakni pantai Tanjung Bira.

Pantai yang membentang sepanjang 3 kilometer dan masuk wilayah Kecamatan Bontoahari itu kini sudah ditata secara apik menjadi kawasan wisata. Pasir pantainya halus dan bersih dengan air laut yang jernih memberikan sensasi tersendiri sebagai sebuah destinasi.

Di Tanjung Bira, pengunjung juga dapat menyaksikan matahari terbit dan terbenam serta keindahan dua pulau yang ada di depannya yaitu Pulau Liukang Lloe dan Pulau Kambing yang dihuni oleh beberapa warga setempat.

Tanjung Bira terletak sekitar 200 km dari Kota Makassar atau 40 km dari Kabupaten Bulukumba. Tempat ini telah dilengkapi fasilitas berupa tempat parkir, penginapan, hotel, vila, bungalow, dan restaoran dan lain-lain. Di kawasan pantai juga terdapat pelabuhan feri yang siap mengantar pengunjung yang ingin berwisata ke Pulau Selayar.

Bila Anda bermalam di Tanjung Bira pilihlah penginapan yang berada tepat di atas tebing pantai karena pemandangan yang didapat akan sangat menarik jika teras penginapan berhadapan dengan keindahan pantai.

Pulau Kambing merupakan spot utama bagi para wisatawanr yang gemar beraktivitas menyelam untuk mengeksplor keindahan bawah laut yang beraneka ragam. Tak hanya itu, di Pulau Kambing Anda akan disuguhi pemandangan indah yaitu tebing batu yang di bawahnya terdapat goa kecil.

Kapal Pinisi

Di Bulukumba warga suku Bugis sudah terkenal sebagai pembuat kapal pinisi yang diwariskan oleh nenek moyang mereka semenjak ratusan tahun lalu. Tradisi pembuatan kapal pinisi ini dilakukan dengan bergotong royong oleh orang bugis.

Kapal pinisi telah berabad-abad berlayar hingga Malaka, Burma, Vietnam, dan Australia. Walaupun terlihat sederhana, kapal pinisi merupakan salah satu kapal tradisional kebanggaan Indonesia yang sudah terbukti sangat berkualitas dan sangat kokoh untuk membelah lautan luas.

Jika Anda ingin menyaksikan langsung bagaimana cara pembuatan kapal pinisi ini maka datanglah ke Tana Beru di Kabupaten Bulukumba yang sudah dikenal sebagai tempat lahirnya ahli pembuat perahu. Perjalanan darat dari jantung Kota Makassar  ke Kabupaten Bulukumba kurang lebih dapat ditempuh dalam waktu 4 jam.

Bawah Laut

Di Bulukumba Anda juga bisa melancong ke Pulau Samalona yang berada di Selat Makassar. Pulau ini memiliki keindahan bawah laut yang luar biasa. Lautannya yang bersih, terumbu karang berwarna-warni, dan ikan laut yang cantik, menjadikan tempat ini sempurna untuk diselami.

Untuk menuju pulau ini bisa menggunakan perahu nelayan (perahu dengan mesin tempel) dan memerlukan waktu tempuh tidak lebih dari 1 jam perjalanan. Di Pulau Samalona ini berdiri sebuah mercu suar yang digunakan sebagai tanda batas daratan bagi kapal-kapal berbadan besar.

Berbeda dengan Pulau Samalona, Pulau Kodingareng Keke lebih kecil dan tidak berpenghuni. Namun, keindahan bawah lautnya tidak bisa  dipandang sebelah mata karena terumbu karang dan berbagai jenis ikan juga sangatlah indah.

Snorkling menjadi kegiatan favorit di pulau ini karena selain pantainya yang cantik, pulau ini menyimpan keindahan yang beraneka ragam di bawah laut. Jika bertemu nelayan yang sedang singgah di Pulau Kodingareng Keke, Anda bisa membeli ikan besar dengan harga sangat murah.

 

Tanjung Bira, Primadona Bulukumba
Bagaimana artikel ini menurut Anda?