Tari Bali Bumbung (Dikenal Juga Sebagai Tari Bali Bungbung) yang Dikenal ‘HOT’ Ternyata Masuk ke Daftar Ini

Foto : Wikipedia

UNESCO melalui sidang Komite Warisan Budaya Tak Benda yang berlangsung di Namibia telah menetapkan 3 kategori dengan rincian 9 tari bali ke daftar Warisan Budaya Tak Benda.

Kesembilan Tari Bali tersebut adalah :

Tari Bali Masuk Daftar Unesco

Yang masuk ke kategori sakral adalah Tari Rejang, Sanghyang Dedari dan Baris Upacara. Sementara tari bali Topeng Sidhakarya, Sendratari Gambuh dan Sendratari Wayang Wong masuk ke kategori semi sakral. Selebihnya masuk kategori hiburan.

Dengan dimasukkannya tari bali ini ke daftar UNESCO tersebut, maka Indonesia sudah memiliki 7 elemen budaya dalam daftar Warisan Budaya Tak Benda UNESCO.  Enam elemen yang lain :

  • Wayang (2008)
  • Keris (2008)
  • Batik (2009)
  • Angklung (2010)
  • Tari Saman (2011)
  • Noken Papua (2012)

Tari Bali Masuk Daftar Unesco

Sidang komite yang dihadiri oleh 24 negara membahas 6 nominasi untuk kategori : List of Intangible Cultural Heritage in Need of Urgent Safeguarding serta 34 nominasi untuk kategori Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity.

Tari Bali Masuk Daftar Unesco

Bersama dengan Tari Bali yang masuk ke dalam kategori Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity, antara lain Festival Api Musim Panas dari Andora, seni menunggang kuda tradisional dari Austria, kerajinan tembaga dari Azerbaijan, pembuatan kimchi dari Korea Utara, musik tradisional Marimba dari Kolmobia dan Ekuador.


Also published on Medium.