Direncanakan Terminal 3 Ultimate buka tepat pada 17 Agustus 2016, tepat pada perayaan Hari Kemerdekaan, setelah sempat beberapa kali tertunda.

UPDATE, 1 Agustus 2016: Sebuah rilis pers dari Angkasa Pura mengabarkan, Terminal 3 Ultimate dipercepat peresmiannya menjadi 9 Agustus 2016.

SETELAH sempat ditunda dari rencana pembukaan sebelumnya, tampaknya terminal terbaru Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng (alias Terminal 3 Ultimate), akan diresmikan penggunaannya tepat pada tanggal 17 Agustus 2016. Berita tanggal peresmian ini berdasarkan pernyataan resmi dari Menteri BUMN Rini Soemarno, di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Senin lalu (25/7/2016).

Terminal yang dijuluki “Terminal 3 Ultimate” ini memang telah lama direncanakan untuk diperluas dan diperbesar, selain untuk mengatasi begitu padat dan macetnya lalulintas penerbangan di Bandara Soetta selama ini, tapi juga untuk memperbesar kapasitas Bandara Soekarno Hatta menjadi Terminal Transit mancanegara terutama untuk kawasan Asia dan sekitarnya. Sempat dicanangkan bahwa Terminal 3 ini akan dibuka Mei 2016. Peresmian T3 Ultimate sempat ditunda beberapa kali akibat berbagai kendala teknis.

T3 Soetta, Fasilitas Kelas Dunia

Pembangunan T3 Soetta ini juga disebut-sebut akan membuat Soetta cukup bersaing dengan Bandara Changgi, Singapura. Juga turut dibangun sebuah menara pemantau (tower) baru, dan juga sebuah patung garuda raksasa untuk menghiasi pintu masuk terminal ini.

Luas gedung Terminal 3 pun kurang lebih sama atau bahkan lebih besar dari Terminal 1 ataupun 2. Lahan parkir kendaraan, peron untuk ruang tunggu, kios duty-free shop, dan loket pelayanan penumpang, jelas ditambah pula. Jumlah kios untuk restoran pun penjualan oleh-oleh, barang-barang duty-free, sudah cukup banyak saat ini di Terminal 3 yang sudah ada, dan diperkirakan bahwa minat para pengusaha dan wiraswasta untuk membuka usaha-usaha baru di dalam pun sekitar terminal masih cukup tinggi.