INDONESIA memang kaya dan indah, setuju? Lihat saja Tebing Koja atau dikenal dengan nama Kandang Godzila yang terletak di Kampung Koja, Desa Cikuya, Kecamatan Solear, Kabupaten Tangerang, Banten. Bekas galian pasir itu mudah dijangkau dari Jakarta. Jika jalanan tak macet, hanya butuh waktu sekitar 2,5 jam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi.

IMG_8720

Begitu memasuki kawasan Kandang Godzila, kita akan disuguhi tebing-tebing kapur tinggi yang menakjubkan Beberapa dasarnya digenangi air hujan, berwarna hijau tua. Ketika matahari menyinari tebing, keindahan terasa memukau. Bagaimana tidak, tebing cokelat berubah warna menjadi keemasan. Para celebgram dan fotografer dijamin tidak akan bisa berhenti memotret. Kandang Godzila memang tidak terlalu besar, namun semua spotnya menarik untuk difoto.

Di sana ada perahu yang siap dijadikan pelengkap spot foto dengan latar belakang seperti air terjun. Ada juga sebidang sawah menghijau lengkap dengan latar belakang tebing-tebing. Untuk mencapai tempat-tempat itu, sangat mudah, tak perlu bersusah payah naik tebing terjal.

Telaga Biru
Kandang Godzila dan Telaga Biru biasanya menjadi satu paket kunjungan, karena letaknya berdekatan. Dari Telaga Biru ke Tebing Koja butuh waktu sekitar 20 menit berkendara. Disebut Telaga Biru karena air yang menggenangi bekas pertambangan itu benar-benar biru, mirip dengan Danau Kaolin di Belitung.

Selama perjalanan menuju Telaga Biru, tidak banyak pemandangan yang bisa dinikmati. Tapi begitu sampai di lokasi, terbentang telaga dengan air biru yang benar-benar indah.
Sepintas perjalanan seperti tak terlihat keindahan alam ini. Tapi begitu melihat keindahan

Telaga Biru Cisoka bukan wisata alam, melainkan wisata buatan yang muncul di bekas galian tambang. Bekas galian tambang pasir yang sudah berhenti beroperasi sejak 2015. Cekungan bekas galian itu kemudian terisi air hujan, hingga menjadi telaga dengan warna biru indah. (D-1)
AKSES & TIPS
1. Tebing Koja atau Kandang Godzila terletak di Kampung Koja, Desa Cikuya, Kecamatan Solear, Kabupaten Tangerang, Banten.
Lebih praktis menggunakan kendaraan sendiri.
2. Jika datang dari Jakarta, cukup mengikuti tol Merak dan ke luar di Balaraja Barat. Dari pintu tol Balaraja Barat hanya butuh waktu sekitar 35 menit.
3. Sebaiknya begitu ke luar pintu tol Balaraja Barat, gunakan GPS . Bisa juga mengikuti petunjuk jalan atau bertanya pada masyarakat.
4. Sebelum sampai ke Tebing Koja, sebaiknya mampir dulu ke Telaga Biru. Dari situ baru dilanjutkan ke Tebing Koja, sekitar 20 menit.
5. Jika ingin mendapat momen foto terbaik di Tebing Koja, banyak orang menyarankan, mulai datang pagi-pagi sekali.
6. Tiket masuk ke Tebing Koja Rp5.000/orang, ditambah biaya parkir kendaraan Rp10.000.
7. Harga yang sama berlaku di Danau Biru.