RASA aman melakukan pembayaran ketika berbelanja online menjadi pertimbangan utama konsumen di Asia Pasifik. Survei Belanja Online Mastercard 207 (Mastercard Online Shopping) Behavior Study 2017). Hasil survei menunjukkan, delapan dari sepuluh konsumen di kawasan Asia Pasifik yang melakukan aktivitas belanja online tahun lalu, berniat untuk melakukan setidaknya satu kali pembelian online pada semester pertama 2017, dipimpin oleh negara-negara berkembang seperti China (97,3 persen), Vietnam (96,2 persen), India (92,9 persen), Malaysia (92,8 persen) dan Thailand (87,1 persen).

Penemuan dari studi itu mengindikasikan bahwa meskipun satu di antara dua pelanggan di Asia Pasifik merasa aman dalam berbelanja online, penyediaan fasilitas pembayaran yang aman (85,9 persen) tetap menjadi hal paling penting, diikuti dengan harga (85,5 persen) dan kenyamanan (85,1 persen). Pertimbangan itu beresonansi paling kuat di Indonesia (95,3 persen), diikuti dengan Filipina (92,2 persen), Taiwan (91,5 persen) dan Malaysia (91,2 persen).

Survei Belanja Online Mastercard dilaksanakan di empat belas negara di kawasan Asia Pasifik, yakni Australia, China, Hong Kong, India, Indonesia, Jepang, Malaysia, Selandia Baru, Filipina, Singapura, Korea Selatan, Taiwan, Thailand & Vietnam). Sebanyak 8.738 konsumen mengikuti survei secara online pada November 2016 dengan pertanyaan seputar landskap belanja online, pengalaman menggunakan e-commerce dan m-commerce, alasan memilih berbelanja secara online dibandingkan berbelanja di toko fisik, masalah keamanan pembayaran, serta pandangan mengenai praktik berbelanja yang etis, dan sebagainya.

TIPS BELANJA ONLINE
1. Berbelanja hanya dilakukan di situs-situs yang memiliki ikon “gembok” di bilah URL browser Anda – ikon itu menunjukkan  bahwa situs tersebut aman.
2. Untuk menjaga informasi rahasia dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, hindari melakukan transaksi pembayaran melalui Wifi umum yang tidak memiliki jaminan keamanan.
3. Lacak pembayaran Anda dengan memantau aktivitas akun \ secara online dan periksa laporan pembayaran Anda. Apabila Anda menemukan transaksi yang mencurigakan atau tidak dikenal, segera laporkan ke bank.
4. Pastikan password Anda kuat, setidaknya terdiri dari delapan karakter dan merupakan kombinasi antara angka dan huruf.
Hindari penggunaan password yang sama pada beberapa toko online yang berbeda maupun dengan email Anda. (D-1)