Select Page
sunset-1757593_1920

Foto-foto: pixabay.com

APA itu green traveler? Singkatnya adalah wisatawan yang ikut bertanggungjawab terhadap kelestarian lingkungan.Apa yang harus dilakukan? Sulitkan menjadi green traveler? Jawabannya tidak sulit kok. Bisa dimulai dari hal-hal kecil seperti mengurangi penggunaan tisue, tidak mencetak kode booking yang di email alias cukup menunjukan lewat telepon genggam, ikut menjaga kebersihan lingkungan atau membuang sampah pada tempatnya, dan masih banyak hal sepele lain yang bisa kamu lakukan. Berikut beberapa tips yang diberikan responsiblevacation.com. Mulailah dari paling mudah. Sekecil apa pun tindakan yang dilakukan, akan sangat berarti.

 

Sebelum booking perjalanan
1. Riset rute terlebih dahulu. Cobalah untuk menemukan rute paling cepat dengan tujuan langsung tanpa transit. Pesawat terbang merupakan penyumbang terbesar dari emisi karbon. Jumlah karbon terbesar saat mengudara dan landing.
2. Ketika merencanakan bepergian dengan memakai operator tur, periksa komitmen mereka terhadap kepedulian lingkungan. Minta mereka menunjukkan upaya meminimalkan kerusakan dan membantu para perbaikan lingkungan, alam liar, dan pengembangan komunitas lokal sekitar obyek yang dituju.
3. Jangan ragu bertanya pada hotel tempat menginap, bagaimana kegiatan ramah lingkungan yang dilakukan.

Sebelum Pergi

1. Pelajari beberapa kata di tempat yang dituju untuk menunjukkan rasa menghargai pada masyarakat setempat.
2. Jangan membawa perlengkapan tidak penting, terutama jika Anda hiking atau camping. Pastikan Anda tidak banyak membuang sampah sembarangan.
3. Tanyakan pada operator tour tentang menjadi traveler yang bertanggung jawab di tempat tujuan wisata Anda. Mungkin saja mereka memiliki saran terbaik dari kebiasaan
4. Pelajari perbedaan menjadi turis dan traveler. Seorang turis hanya akan menjadi penonton di suatu obyek wisata. Namun seorang traveler akan memelajari banyak hal mulai budaya, interaksi dengan masyarakat, kuliner, dsb. Jadilah traveler yang bertanggungjawab dengan ikut menjaga kelestarian lingkungan.


Selama di perjalanan
1. Upayakan membeli produk dan suvenir yang memungkinan dan mendukung masyarakat lokal setempat.
2. Sewa guide local agar bisa belajar lebih banyak dan mereka akan senang karena mendapat penghasilan.
3. Pelajari dengan seksama beragam produk yang ditawarkan. Hindari produk yang menggunakan bahan dilindungi.
4. Hargai tempat suci masyarakat setempat. Bila Anda ragu, lebih baik tak usah masuk.
5. Gunakan transportasi umum, sepeda, atau berjalan kaki bila memungkinkan. (D-1)

Tips Jadi Green Traveler
Bagaimana artikel ini menurut Anda?