Setelah tahun lalu absen karena asap, Tour de Bintan 2016 hadir kembali dengan 70 tim yang terdiri dari 900 peserta.

Tour de Bintan 2016 Destinasi Indonesia

TAHUN ini untuk kelima kalinya Tour de Bintan digelar.  Event tahunan ini adalah jenis event untuk mendukung sport tourism dan ajang hiburan bagi masyarakat Bintan dari tua,muda dan anak-anak.  Tour de Bintan 2016 diikuti 70 tim terdiri dari 800 pebalap dari 40 negara dan 100 peserta dari Indonesia.

Total rute Tour de Bintan 2016 mencapai 260 km, terbagi dalam 2 kategori. Pertama rute Grand Fondo Classic sejauh 153 km, dan kedua Grand Fondo Challenge sepanjang 82 km. Para pebalap memulai stage pertama dari Simpang Lagoi menuju kawasan Lome kecamatan Toapaya, Pulau Pucung hingga ke Malang Prapat, Kecamatan Gunung Kijang, Geset Toapaya, Desa Siantan, dan finish di Simpang Lagoi.

Infographic Tour de Bintan

Pebalap sepeda Kyosukei Takei dari Jepang menjadi juara Tour de Bintan 2016 dengan catatan waktu 6 jam 59 menit 33 detik.  Posisi kedua ditempati Barstian Dohling dari Jerman dan ketiga oleh pebalap asal Singapura, Boon Kiak Yeo.

Deputi Bidang Pengembangan dan Pemasaran Pariwisata Mancanegara dari Kementerian Pariwisata, I gede Pitana mengungkapkan, pelaksanaan Tour de Bintan 2016 akan lebih memperkenalkan Bintan sebagai destinasi sport tourism.

“Kami akan terus mendukung Bintan sebagai daerah wisata sport tourism berkelas dunia,” tukas Pitana.

Tahun ini, rute prolog mengalami perubahan.  Bila sebelumnya melintasi Tanjungpinang, kali ini berlangsung di kawasan Lagoi Bay sepanjang 12 km.  Perubahan itu dilakukan sebagai variasi sekaligus penarik wisatawan datang ke Bintan dan mengenal lebih banyak spot wisata Bintan.Destinasi Indonesia Tour de Bintan

Tim paling banyak berasal dari Singapura yang mencapai 30%, diikuti Inggris 19% dan Australia 12%. Sementara Indonesia hanya 6%. Selain negara tersebut, terdapat juga tim dari Hong Kong, Malaysia, Oman, dan masih banyak lagi.