Select Page

Sebanyak 16 tim balap sepeda, lima dari mancanegara dan 11 dari dalam negeri, akan berlomba dalam Tour de Jakarta 2016.

TOUR de Jakarta akan digelar 30 Juli 2016 memperebutkan total hadiah sebesar Rp130 juta. Event yang sudah terakreditasi dan masuk agenda Union Cycliste Internationale (UCI) itu menjadi salah satu acara balap sepeda jalan raya berskala internasional. Tahun ini tercatat diikuti 16 tim balap sepeda, lima dari mancanegara (Australia, Filipina, Thailand, dan Laos), dan 11 tim nasional.

Event ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Jakarta sekaligus mendukung program Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia. Juga untuk menunjang target pergerakan 12 juta wisatawan nusantara dan 260 juta wisatawan mancanegara,” ujar Sekretaris Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Ukus Kuswara saat membacakan sambutan Menteri Pariwisata dalam peluncuran Tour de Jakarta 2016, belum lama ini.

Sebelumnya, Asisten Deputi Pengembangan Segmen Pasar Personal Pariwisata Nusantara, Kemenpar Raseno Arya, mengatakan, kegiatan sport tourism seperti Tour de Jakarta terbukti menjadi ajang promosi efektif. Baik bagi sponsor mau pun promosi pariwisata. “Minimal wisatawan yang datang akan membelanjakan uangnya untuk akomodasi dan kuliner,” tutur Raseno.

Tour de Jakarta rencananya diselenggarakan satu tahun sekali, dengan misi utama memacu dan meningkatkan perkembangan olahraga balap sepeda di Indonesia, serta meningkatkan pariwisata Jakarta pada umumnya. Even tersebut akan melintasi ruas jalan Sudirman dan Thamrin. (D-1)