Select Page

Makna sosial di balik brand kuliner menuntun pada pembentukan trend yang tak bisa lagi diabaikan.

TAHUN ini, makanan berwarna hitam kian digemari. Mulai dari mi hitam, burger hitam, nasi hitam, pizza hitam, salad hitam, dan sebagainya. Layanan pesan online serta layanan antar lewat aplikasi kian meraja.  Berikut beberapa tren makanan dan minuman 2016-2017  yang sudah diprediksi  thefoodpeople.co.uk. Sebagian dari prediksi  itu sudah terbukti di Indonesia. Berikut beberapa Hot Food & Beverage Trend 2016-2017.

Miitem dari W Mi Item

Makanan Hitam

Belakangan, makanan berwarna hitam muncul dimana-mana. Mulai dari mi hitam, burger hitam, pizza hitam, nasi hitam, dsb.  Beberapa penelitian menunjukkan, warna hitam dari tinta cumi atau gurita, mengandung antioksidan tinggi. Maka, jadilah berbagai menu warna hitam mewarnai kuliner Indonesia, khususnya Jakarta.

Jus Buah dan Sayur

Cermati menu minuman di beberapa kafe dan restoran Jakarta dan kota besar lainnya. Penggunaan bahan baku buah dan sayur yang kaya serat menjadi tren. Jus berwarna hijau dengan rasa menyegarkan banyak dipilih. Begitu juga dengan sup sayuran yang secara nutrisi akan memberi banyak manfaat termasuk penguatan pada tulang dan kesehatan lain.

Bowl Food

Makanan yang diletakkan dalam mangkuk kini menjadi tren, seiring dengan kepopuleran ramen. Mangkuk menggantikan piring dan dianggap bisa lebih mengontrol jumlah asupan saat melakukan diet.

Lifestyle Health Guru

Ini gaya hidup baru yang dianut banyak selebritis. Mereka menggunakan konsultan untuk mengatur gaya hidup sehat. Prinsipnya, konsumsi makanan dan minuman holistik yang bisa menyehatkan tubuh dan pikiran.

Rendah Gula

Membersihkan gula dari tubuh dan mengganti kebutuhan itu dengan madu dan sirup alami kini juga menjadi tren. Intinya mengarah pada makanan dan minuman dengan kadar manis rendah atau mengganti gula dengan bahan alami.

Ramen Fushion Kaki Lima

Rasa Pedas

Banyak kuliner yang menawarkan rasa pedas dan manis. Jepang, Korea, dan Afrika Barat banyak memengaruhi kuliner dunia, khususnya terkait cita rasa pedas.

Lokal

Kian banyak konsumen yang mencari pengalaman dan sensasi lokal. Mereka menikmati masakan dan proses memasak tradisional.

Secangkir kopi di Kedai Tak Kie

Secangkir kopi di Kedai Tak Kie

Rumput Laut

Jenis makanan yang menghadirkan rumput laut kian beragam. Mulai dari sup, salad, hingga hidangan pencuci mulut. Rumput laut digemari dengan pertimbangan cita rasa, kaya nutrisi, kalsium, dan serat.

Non Alkohol

Banyak orang yang meninggalkan minuman beralkohol dengan pertimbangan hidup sehat.

Pesan Antar

Kemudahan dan kepraktisan memesan lewat virtual semakin menjamur. Baik itu langsung pesan online atau pun melalui jasa layanan antar di aplikasi.

Gado-Gado Bon Bin, Cikini

Gado-Gado Bon Bin, Cikini (foto: Lintang Rowe)

Sayuran

Sayuran  makin banyak dilirik dan dikonsumsi dengan pertimbangan terkait gaya hidup sehat. Kini tren-nya bukan hanya milik kaum vegetarian, tetapi sudah merambah ke masyarakat umum.

Keuntungan Sosial

Memaknai hidup bisa dilakukan dengan banyak cara. Salah satu yang  mulai menjadi bahan pertimbangan konsumen adalah,  keuntungan apa yang diperoleh dengan membeli makanan di bawah label sebuah brand? Mereka akan merasa senang jika uang yang mereka keluarkan, termasuk di bidang kuliner, bisa bermanfaat bagi masyarakat lokal, umum, lingkungan hidup, dsb. (D-1)

Trend Makanan dan Minuman 2016
5 (100%) 1 vote