Select Page

Liburan Keluarga Tanpa Gadget Ala Condro Wibowo.

Cara liburan keluarga Condro Wibowo memiliki satu aturan unik : dilarang mengaktifkan gadget apapun selama perjalanan. Alasannya adalah agar kesempatan ini digunakan untuk bonding keluarga.

Ada banyak cara untuk berlibur. Salah satunya seperti yang dilakukan keluarga Condro Wibowo, 42 dan Desi Oktaviani, 35 dengan dua buah hati mereka, Kirana Jingga, 7 dan Kala Biru Langit 3,5 tahun. Belum lama ini mereka memutuskan berlibur dan menjalin kebersamaan di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Jawa Barat . Mereka mengikuti family trip Journey Our Home yang bertujuan mengajak keluarga di  Jakarta berlibur dengan konsep kembali ke alam.

Hasilnya, berliburan tanpa listrik dan gadget ternyata selalu memberi kesan bagi Condro dan keluarga.

“Tidak menyangka kami sekeluarga bisa begitu asyik menikmati perjalanan dan beragam aktivitas. Anak-anak saling berkenalan dengan teman-teman baru. Semua peserta otomatis tidak menggunakan gadget. Selain itu, kami menjadi fokus pada keluarga, anak-anak, dan juga peserta lain,” kisah Condro.

unplugged family vacation

Bermain Kano

Perjalanan dimulai Jumat siang. Peserta menginap di villa kayu bernama Rumah Hutan Selaras di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Banyak kegiatan yang dilakukan, di antaranya diajak bermain kano di sebuah danau kecil Mandalawangi  lengkap dengan vest. Anak-anak begitu riang melakukan kegiatan ini. Orang tua ikut naik kano sekaligus menjaga anak-anak.

Malam di hari pertama diawali dengan canda dan perbincangan seluruh peserta. Setelah itu, semua beristirahat, tanpa lampu. Suasananya sungguh berbeda dengan Jakarta.

Air Terjun Cibeureum

Hari kedua setelah sarapan, semua peserta bersiap  menuju Air Terjun Cibeureum yang jaraknya kurang lebih 2,5 km dan dapat ditempuh dengan berjalan kaki sekitar 45 hingga 60 menit.

“Saya agak khawatir, karena anak-anak tidak biasa mendaki. Namun, anak pertama saya jalannya malah cepat sekali. Dia bersama teman-temannya membentuk kelompok dan berjalan tanpa kesulitan. Saya menggendong Kala Biru Langit sambil jalan berlahan,” papar Condro.

unplugged family vacation

Selama perjalanan, peserta sudah disuguhi keindahan alam. Medan menanjak dengan undakan batu yang dikelilingi hutan lebat menjadi daya tarik tersendiri. Suara burung berkicau dan pemandangan kera bergelantungan memunculkan antusias di hati anak-anak. Ada juga Telaga Biru, Rawa Panyangcangan yang cantik, dan jembatan panjang terbuat dari batu buatan yang menjadi tempat favorit foto bersama.

Setiba di air terjun, keceriaan kian bertambah. Semua bermain air, bercanda, dan berfoto ria. Setelah puas, peserta kembali ke penginapan untuk beristirahat, makan siang, dan bersiap kembali ke Jakarta.  Berlibur dengan sedikit petualangan bersama ala Condro dapat menjadi inspirasi untuk diterapkan di liburan keluarga Anda berikutnya?